Global Statistics

All countries
650,126,734
Confirmed
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
All countries
608,195,021
Recovered
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
All countries
6,646,993
Deaths
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
Senin, Desember 5, 2022

4 Cara Orangtua Hadapi Tantangan Masa Pandemi

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Masa pandemi akibat Covid-19 akan menjadi cerita unik tersendiri bagi setiap orang yang mengalaminya untuk masa yang akan datang, terutama para orang tua.

Dengan adanya virus Corona yang kian mewabah menyebabkan orang tua yang semestinya bekerja di kantor atau tempat lain di luar rumah harus menerapkan WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah.

Adanya kebijakan pemerintah satu ini, tentu para orang tua terutama ibu harus berpandai-pandai dalam mengelola waktu. Karena dengan adanya semua anggota keluarga yang selama 24 jam di rumah terkadang menyebabkan beberapa permasalahan yang biasanya tidak di hadapi jika dalam keadaan normal sebelum pandemi.

Baca juga: Lonjakan Angka Penularan Covid-19 Jawa Tengah Capai Angka Nyaris 100 Persen
- Advertisement -

Wajar jika orang tua merasa lelah ataupun stress karena keadaan yang kurang kondusif ini, namun harus tetap menjalaninya demi kebaikan bersama. Berikut kiat yang dapat orang tua lakukan selama masa pandemi dan WFH, agar seluruh anggota keluarga dapat saling bahu-membahu dan memberikan energi positif antara satu sama lain.

1. Tidak Multitasking dalam Melakukan Sesuatu

Multitasking atau pekerjaan yang dilakukan dalam satu waktu terkadang membuat orangtua menjadi tidak fokus dengan apa yang dikerjakannya. Untuk itu sebisa mungkin, lakukan satu kegiatan secara maksimal dan lakukan kegiatan selanjutnya setelah yang pertama selesai. Selain agar pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dengan lebih fokus, melakukan sesuatu secara perlahan serta tidak terburu-buru juga dapat mengurangi stress karena beban yang tidak ditumpuk-tumpuk.

2. Buat Waktu Bersama Anak

- Advertisement -

Tidak hanya orang tua, anak juga bisa stress dengan keadaan pandemi seperti sekarang, terutama anak di bawah umur yang harusnya bermain di luar jadi harus menetap di rumah saja. Untuk itu orang tua harus bisa menemani anak bermain di waktu senggang setelah melakukan pekerjaan, agar anak tidak jenuh sekaligus menumbuhkan ikatan yang lebih intens antara anak dan orang tua.

Baca juga: Terjerat Narkoba, Nia dan Ardi Bakrie Minta Maaf ke Ical

3. Beri Anak Pengertian tentang Rutinitas Orang tua

Harus pengertian terhadap anak, begitupun sebaliknya. Di masa pandemi seperti sekarang tiap anggota keluarga harus memahami rutinitas satu sama lain. Orang tua dapat menyampaikan pekerjaan wajib apa yang harus mereka lakukan sebelum meluangkan waktu bersama anak, dan konsekuensi jika tidak melakukannya.

- Advertisement -

Sebagai contoh, ibu bisa mengatakan, “Ibu harus menyelesaikan pekerjaan dari perusahaan terlebih dahulu sebelum main sama kamu ya. Kalau nggak selesai nanti ibu bisa dapat hukuman dan jadi nggak bertanggung jawab.” Untuk itu anak akan lebih paham dan memahami bahwa tak selalu orang tua harus menghabiskan waktu bersama mereka, karena orangtua juga punya pekerjaan lain yang harus mereka selesaikan.

4. Terapkan Me Time

Me time, atau waktu untuk diri sendiri dapat dilakukan tiap anggota keluarga, guna memberikan ruang dan juga menghargai aktifitas satu sama lain. Berikan keterangan pada anak, bahwa mereka dapat melakukan aktifitas sendiri terlebih dahulu seperti bermain atau menonton sembari orang tua melakukan aktifitas atau hobi mereka masing-masing. Dengan menerapkan me time, tiap anggota keluarga akan memiliki waktu untuk rileks sejenak, dan dapat berkumpul lagi dengan perasaan yang lebih baik.

Baca juga: Beralasan Karena Duda, Pria Asal Bengkulu Cabuli Balita 4 Tahun
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait