Global Statistics

All countries
648,945,685
Confirmed
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
All countries
624,956,877
Recovered
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
All countries
6,643,660
Deaths
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
Sabtu, Desember 3, 2022

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Pernahkan kalian berpikir, bagaimana sih cara menjadi orang sukses? Bagaimana agar semua mimpi-mimpi kita terwujud? Tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mewujudkan impian kita menjadi orang sukses. Salah satunya adalah meningkatkan pengembangan diri atau self improvment.

Cara paling mudah untuk meningkatkan self improvment kita adalah dengan membaca buku. Membaca akan membantu kita mendapatkan berbagai perspektif dan inspirasi dalam mengembangkan diri demi mencapai tujuan kita. Seperti kesuksesaan.

Lalu buku seperti apa sih yang bagus untuk meningkatkan self improvment dalam diri kita?

- Advertisement -

Berikut ini Kampartrapost.com telah merangkum 5 rekomendasi buku self improvement  yang wajib kamu baca untuk menuju kesusesan.

  1. The 7 Habits of Highly Effective People – Stephen R Covey
5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan
The 7 Habits of Highly Effective People by Stephen R Covey – Foto: goodreads

Buku karangan Stephen R Covey ini menjadi salah satu buku self improvement populer sejak pertama kali terbit pada tahun 1989. Covey menjelaskan dalam buku tersebut tentang beberapa habits atau kebiasaan agar kamu dapat menuju kesuksesan dan efektif dalam melakukan hal apa pun yang ingin kamu capai dalam hidup.

“The key is not to prioritize what’s on your schedule, but to schedule your priorities.” – Stephen R Covey

- Advertisement -

Meskipun kita tahu membangun kebiasaan tersebut tidaklah mudah, namun Covey menekankan pentingnya memulai perubahan dalam hidup. Dengan mengubah cara pandang kita terhadap dunia dan diri sendiri. Tentunya dimulai dari hal-hal terkecil seperti kebiasaan kita.

Bagaimana caranya? Kamu bisa membaca lebih lengkap penjelasannya dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People ya!

Baca juga: Takut Tertular Covid, Eskalator Kereta Bawah Tanah London Memakan Korban
- Advertisement -

2. Failing Forward – John C Maxwell

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan
Failing Forward by John C. Maxwell – Foto: goodreads

Berbeda dengan sebelumnya, buku karya john C Maxwell yang satu ini akan mengajak kamu untuk mengubah perspektif dan mindset kamu dalam memandang kegagalan. Pasalnya, kebanyakan dari kita cenderung takut dan menghindari kegagalan dengan berbagai cara. Padahal, umumnya cara-cara tersebut justru kurang optimal dan malah membuat kita tidak memiliki harapan untuk kembali bangkit dari kegagalan.

“Seseorang harus cukup berani mengakui kesalahan, cukup pintar untuk mengambil pelajaran dari kesalahan, dan cukup tangguh untuk bisa mengoreksi kesalahan.” -John C Maxwell

Menurut John C Maxwell, kegagalan justru menjadi kesempatan untuk belajar tentang diri sendiri dan kelemahan yang kamu miliki. Mindset inilah yang akan menjadi bekal kamu untuk meningkatkan kemampuan dan tumbuh menjadi sosok tangguh menuju kesuksesan.

Dalam buku ini John C Maxwell juga memberikan berbagai contoh nyata orang-orang yang gagal di masa lalu namun mereka bisa melewatinya dan menjadi orang sukses seperti yang kamu inginkan.

3. The Only Skill That Matters – Jonathan A. Levi

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan
The Only Skill That Matters by Jonathan A. Levi. – Foto: goodreads

Dalam kehidupan kita dituntut untuk cepat beradaptasi agar relevan dengan tuntutan zaman yang kian maju. Jonathan A. Levi dalam bukunya mengajak kita untuk memahami kinerja dan cara untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

“The illiterate of the twenty-first century will not be those who cannot read and write, but those who cannot learn, unlearn, and relearn.”― Jonathan A. Levi

Dalam buku ini juga, kamu bisa mempelajari salah satu pendekatan Jonathan dalam membantu para pembacanya menjadi seorang terpelajar yang super dan mempu mendorong menuju kesuksesan. Kamu bisa membaca secara lengkap bagaimana pendekatan Jonathan di buku The only Skill That Matters.

4. Make Your Bed – Willian H. McRaven

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan
Make Your Bed by Willian H. McRaven – Foto : goodreads
Baca juga: China dan Prancis Kecam Kesepakatan Antara AS Dengan Inggris-Australia

Tau ga sih kalo kebiasaan sederhana dapat mengubah hidup kamu? Willian H. McRaven dalam bukunya Make Your Bed menjelaskan jika kebiasaan sederhanamu juga bisa membawamu dalam menuju kesuksesan.

“If you want to change the world, start off by making your bed.” -William H. McRaven

Jika kamu ingin mengetahui kebiasaan-kebiasaan sederhana apa yang bisa mengubah hidup lebih baik lagi, maka buku milik McRaven wajib banget ada di daftar list bacaanmu.

Buku ini tidak hanya mendorong kamu untuk mengejar tujuan kemu, akan tetapi juga mengubah kehidupan orang lain demi mencapai apa definisi dari sebuah kesuksesan.

5. Thingking, Fast and Slow – Daniel Kahneman

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Bantu Kamu Menuju Kesuksesan
Thingking, Fast and Slow by Daniel Kahneman. – Foto: goodreads

Berbeda dengan buku-buku sebelumnya, Daniel Kahneman lebih mengedepankan pemahaman tentang proses dan cara berpikir yang kritis. Ia mengemas buku ini dengan apik, menerapkan contoh dan analisis yang tajam. Buku ini mengajarkan kamu bagaimana cara membuat penilaian yang tepat dan tentunya kritis sekaligus memilih hal terbaik dari sistem berpikir yang ada.

“If you care about being thought credible and intelligent, do not use complex language where simpler language will do.” – Daniel Kahneman

Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan cara berpikir kritis. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah memahami proses berpikir yang dapat berdampak dan memberi impact dalam mengendalikan pilihan dan hidup dengan lebih baik.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku self improvement yang wajib banget masuk ke dalam list bacaan kamu, setidaknya kamu baca sekali dalam hidupmu.

Baca juga: Dapatkah hewan yang sudah punah dihidupkan kembali untuk melawan perubahan iklim?
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait