Agar Tamat 3,5 Tahun, Ini Daftar Referensi untuk Membuat Skripsi

Kampartrapost.com – Bagi kebanyakan mahasiswa tamat 3,5 tahun di bangku perkuliahan adalah hal yang sangat diidam-idamkan. Apalagi tamat kuliah 3,5 tahun dengan perolehan cumlaude. Namun, masih banyak mahasiswa yang bingung dalam menetapkan orientasinya di perkuliahan untuk mencapai tujuannya.

Hal ini karena masih adanya kebingungan mahasiswa berkonsisten dengan kegiatan yang ia tetapkan. Sehingga banyak waktu terbuang sia-sia dengan kegiatan luar ataupun dalam kampus. Kemudian dalam proses belajar mengajar pun juga menjadi tidak maksimal, bahkan banyak mengulang mata kuliah.

Seorang mahasiswa dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan memiliki soft skill untuk bekal setelah tamat kuliah. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk menyelesaikan tugas akhir atau karya ilmiah skripsi untuk syarat tamat kuliah.

Untuk menyelesaikan tugas akhir skripsi, maka harus membutuhkan berbagai referensi, agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan tidak sulit ketika mengerjakannya. Tetapi, untuk mencari referensi yang selalu updated dan akurat masih jarang diketahui oleh mahasiswa.

Mahasiswa masih menggunakan blog, wordpress atau sumber online lainnya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan isinya untuk dijadikan referensi tugas akhir skripsi. Padahal dalam dunia akademik sangat dilarang.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini akan memberi tips mencari referensi yang akurat dan updated, berikut penjelasannya:

  1. Google Scholar atau Cendekia 

Agar Tamat 3,5 Tahun, Ini Daftar Referensi untuk Membuat Skripsi

Google scholar merupakan gudangnya referensi. Berbagai format publikasi berupa materi-materi ada di dalamnya. Situs ini diluncurkan pada tahun 2004. Google Scholar membantu kamu untuk mengindetifikasi skripsi, tesis, buku, abstrak, dan artikel dari akademisi, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas dan organisasi akademis lainnya. Cukup dengan searching keyword yang ingin dicari, google scholar otomatis akan mengidentifikasi penelitian yang relevan.

  1. Sinta

Agar Tamat 3,5 Tahun, Ini Daftar Referensi untuk Membuat Skripsi

Sinta adalah portal yang mengukur kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jika kamu membuka portal sinta, maka akan menemukan berbagai artikel, akademisi, bahkan jurnal yang terindeks Sinta 6 hingga Sinta 1. Portal ini rekomendasi banget untuk kamu yang bingung mencari referensi sesuai dengan bidang keilmuannya.

  1. Z-Library Meliputi Skripsi

Agar Tamat 3,5 Tahun, Ini Daftar Referensi untuk Membuat Skripsi

Z-Library merupakan perpustakaan bayangan populer yang berisi artikel jurnal ilmiah dan buku. Situs ini menyediakan E-book gratis sejak tahun 2009. Situs ini telah membagikan 8.533.00 buku dan 84.837.000 artikel. Tidak hanya artikel jurnal, Z-Library ini juga menyediakan berbagai buku ringan seperti novel dan buku berat seperti bidang-bidang keilmuan.

  1. Portal Garuda (Gudangnya Skripsi)

Garuda jurnal adalah suatu tempat penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring dan peningkatan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Garuda jurnal lebih kurang sama dengan sinta, meliputi berbagai artikel, jurnal, akademisi dan konferensi.

Beberapa fasilitas yang disediakan Garuda Jurnal adalah:

  1. Pencarian, meliputi pencarian artikel, pencarian penulis, pencarian sumber (jurnal dan prosiding), pencarian penerbit
  2. Penelusuran, meliputi penelusuran sumber Penerbit, sumber Jurnal/Prosiding, penelusuran artikel
  3. Unduhan Sitasi, fasilitas ini untuk memudahkan para pengunjung mengunduh metadata artikel yang disebut dengan sitasi dengan beberapa format seperti BibTex dan RIS (EndNote,Procite)
  4. Unduhan fulltext dalam format PDF, Para pengunjung bisa mengunduh fulltext dalam format PDF secara mudah.
  5. Laporan Jurnal (journal Report), Pengelola jurnal maupun bisa melihat laporan akses ke jurnal yang ada di IPI. Laporan meliputi jumlah paper yang dilihat oleh pengunjung, fulltext PDF yang didownload, dan laporan mengenai sebaran kota di seluruh dunia yang mengakses artikel jurnal tersebut. Dalam laporan juga menampilkan statistik artikel yang paling banyak diunduh.

Beberapa situs di atas bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memenuhi referensi ketika membuat skripsi. Hal yang paling penting ketika mengutip referensi yaitu harus di parafrase, agar tidak terkonfirmasi plagiarisme. Kemudian untuk parafrase bisa dengan mengganti kalimat pasif dengan kalimat aktif. Semoga bermanfaat sobat Kampartrapost.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler