Akhirnya Ditemukan, KRI Nanggala (402) Resmi Berstatus ‘Patroli Abadi’

NASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – KRI Nanggala (402) telah ditemukan. Perkembangan ini didapat dari temuan citra dan serpihan kapal selam yang didapat lebih detail oleh tim SAR. 53 awak kapal selam KRI Nanggala telah gugur.

Hal ini telah dipastikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di saat pelaksanaan konferensi pers Minggu (25/4).

Panglima TNI Hadi mengatakan “Berdasarkan bukti-bukti autentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur”.

“Saya nyatakan seluruh personel telah gugur,” tambah sang Panglima.

Panglima TNI Hadi mengatakan, KRI Rigel dan sejumlah kapal lainnya yang memiliki kemampuan sonar menemukan sejumlah barang-barang lainnya. Seperti, bagian luar badan tekan, kemudi vertikal belakang, jangkar, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal mk11.

Baca juga:

Dengan penemuan itu, Hadi memastikan seluruh awak telah gugur.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala berhasil ditemukan setelah KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura mendeteksi KRI Nanggala berada di kedalaman 838 meter.

Dengan terdeteksinya KRI Nanggala di bawah laut, MV Swift Rescue menurunkan ROV yang mempunyai jangkauan menyelam lebih jauh. Rekaman yang didapatkan oleh ROV itu memperlihatkan sebuah benda besar yang sudah terdeteksi sonar merupakan KRI Nanggala.

Laksamana Margono menyebutkan bahwa KRI Nanggala terpecah tiga.

“Kapal terbelah menjadi 3 bagian,” terang Laksamana Margono dalam konferensi pers di Lanud Ngurah Rai, Bali, Minggu (25/4).

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler