Al Muhajirin Purwakarta Teken MoU dengan Harvard University

Purwakarta, Kampartrapost.com – Al Muhajirin Purwakarta dan Harvard University Amerika Serikat secara resmi akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada hari Minggu, (6/3).

Acara pendatanganan MoU tersebut digelar atas rencana kerjasama dalam program short course (kursus singkat), Kampung Bahasa Inggris, riset, study banding dan pertukaran pelajar/santri.

Perjanjian tersebut akan memberikan kesempatan pengembangan akademik baru serta kesempatan belajar di luar negeri bagi siswa kedua institusi.

Ketua Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta, Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd mengatakan bahwa kolaborasi Al Muhajirin Purwakarta Indonesia dan Harvard University Amerika Serikat ini atas insiasi Pendiri Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta, Dr. KH. Abun Bunyamin.

Baca juga: Akibat Serangan Siber, Sekolah di AS Terpaksa Ditutup

Ini adalah sejarah baru di Indonesia dan pertama di Indonesia, pondok pesantren bisa tanda tangan MoU dengan kampus nomor 1 di dunia.

Kerjasama antara kedua institusi ini juga memberikan kesempatan untuk saling bertukar staf pengajar kedua institusi maupun mahasiswa dan santri.

Tokoh Cendikiawan Muslimah NU Jawa Barat ini mengatakan kerjasama tersebut memegang peranan penting dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Terutama dalam mengembangkan kolaborasi pendidikan Islam dan pesantren serta hubungan bilateral.

“Saya berharap MoU antara Yayasan Al Muhajirin Purwakarta ini tidak hanya seremonial namun juga berkembang ke subjek lain yang dapat memberikan manfaat bagi kedua universitas dan juga kedua negara serta syiar dakwah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin untuk dunia barat,” ungkap Ifa Faizah Rohmah.

Selanjutnya Ifa mengatakan bahwa Santri dan Mahasiswa dari Al Muhajirin berkesempatan untuk bergabung dalam program magang di Harvard University serta pengajar Harvard University bisa belajar Islam dan kebudayaan di Purwakarta.

Dalam kesempatan silaturahim pertemuan di Pemda Purwakarta Dr. Ifa Faizah Rohmah didampingi Dr. Gugun Gumilar juga bertemu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada hari Rabu, 2 Maret 2022 di Kantor Bupati Purwakarta.

Baca juga: Mengejutkan, Game Roblox Anak-anak Terdapat Konten Seksual

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa kedua institusi ini memiliki potensi kolaborasi yang besar antara dua negara.

Selain untuk memperluas dampak Al Muhajirin secara global dan khusus, hasil persetujuan kerjasama tersebut juga merupakan kesempatan strategis untuk saling bertukar staf pengajar, mahasiswa, santri dan informasi.

“Saya selaku Bupati Purwakarta merasa bangga dan mendukung MoU Al Muhajirin Purwakarta dan Harvard Amerika atas kelancaran kerjasama internasional ini.”

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler