Banjir dan Tanah Longsor Tewaskan 113 warga India Barat

India, Kampartrapost.com – Berhari-hari alami hujan lebat, Negara bagian Maharashtra di India Barat alami tanah longsor dan banjir bandang. Insiden ini setidaknya menewaskan 113 orang dan 50 orang di antaranya mengalami luka-luka, kata pejabat setempat pada Minggu 25 Juli, ketika para tim penyelamat sedikitnya menemukan 100 orang yang hilang.

Sahdhya Garware, seorang juru bicara pemerintah mengatakan lebih dari 130 ribu warga telah terselamatkan dan hampir 900 desa terkena dampak dari bencana ini.

Masih banyak warga yang terdampar di atap atau diatas bus di jalan raya. Tentara Angkatan Laut India juga telah mengerahkan helikopter untuk mengevakuasi korban-korban yang terdampar. Dan mengirim tim penyelamat dengan menggunakan perahu ke wilayah terdampak.

Baca juga: Dokter Fauci Sebut AS Menuju Arah yang Salah Dalam Atasi Covid-19

Pemerintah mengatakan jika desa yang terkena dampak paling parah adalah desa Talai. 270 kilometer dari Mumbai, ibukota negara bagian Maharashtra dan juga pusat keuangan dan hiburan India.

Desa dengan sedikitnya berisi 59 rumah tangga tersebut terkubur tanah longsor pada hari Kamis, kata pejabat negara, Sagar Pathak. Tim penyelamat menemukan dua mayat lagi pada Minggu 25 Juli, sehingga jumlah penduduk yang tewas di desa tersebut bertambah menjadi 42 orang.

Pathak mengatakan cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda India dan juga medan yang sulit dijangkau serta beberapa puing-puing bangunan besar menghambat upaya penyelamatan yang dilakukan tim penyelamat.

Bencana yang penyebabnya karena curah hujan yang tinggi ini sudah biasa terjadi di India selama musim penghujan tiba Juni-September. Hujan lebat yang sering terjadi membuat fondasi bangunan lemah dan seringkali ambruk.

Baca juga: Penuh Haru, Arga Azankan Kedua Orang Tuanya yang Meninggal Karena Covid-19

Selama musim hujan yang terjadi di India, warga sangat membutuhkan hujan tersebut untuk bercocok tanam, namun bencana juga sering terjadi ketika curah hujan tinggi dan menyebabkan banyaknya korban jiwa atas insiden ini.

Akhir pekan lalu, lebih dari 30 orang tewas pada tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat yang terjadi disekitar Mumbai.

Para ahli setempat mengatakan jika hujan lebat yang terjadi disepanjang pantai barat India ini terjadi akibat curah hujan yang telah berubah selama beberapa tahun terakhir dan juga disebabkan oleh perubahan iklim yang melanda dunia.

Baca juga: Gedung Isolasi di Surabaya Pakai Tempat Tidur dari Kardus

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler