Bitcoin dan Kripto Anjlok, Ini 5 Tips Saat Kripto Anjlok

Kampartrapost.com – Kondisi pasar aset kripto dalam beberapa pekan terakhir mengalami banyak tekanan. Imbasnya, penurunan pasar terus terjadi. Bahkan, dalam sepekan terakhir, sejumlah aset kripto masih nyaman berada di zona merah.

Pasar kripto juga diguncang oleh stablecoin algoritmik dari TerraUSD (UST) yang nilainya runtuh. TerraUSD (UST) gagal menjaga persamaan nilai tukarnya terhadap dolar AS. Kemudian, LUNA, aset kripto di jaringan Terra juga kehilangan lebih dari 90% dari harga tertingginya per 13 Mei 2022.

Hal ini membuat para investor dan trader kripto menjadi panik dan sebagian melarikan diri dari dunia kripto. Sebagian nya, masih bertahan dengan keyakinan masa depan kripto.

Berikut beberapa tips cara bertahan saat kripto anjlok.

1. Tetap dengan melihat jangka panjang

Investasi di kripto sangatlah fluktuatif. Jika Anda melihat grafik setahun belakang, anda akan melihat beberapa penurunan harga yang signifikan. Setelah setiap penurunan, harga kripto akhirnya meningkat dan terus mencapai level tertinggi baru.

Jangan fokus pada grafik 24 jam. Sebaliknya, perkecil dan lihat grafik tahunan hingga saat ini. Naik turun adalah bagian normal dari semua siklus pasar, tetapi lebih ekstrem dengan investasi baru dan relatif belum teruji seperti cryptocurrency. Selama anda belum menginvestasikan uang yang Anda butuhkan dalam jangka pendek, anda dapat menunggu sampai turun.

2. Jangan panic-sell

Ketika melihat nilai investasi kripto Anda anjlok, wajar jika Anda ingin mengurangi kerugian dan menjual aset anda. Namun, ini sering berarti anda menjual dengan harga rendah, dan tidak mendapatkan keuntungan dari pemulihan berikutnya.

Katakanlah anda melihat harga Bitcoin aatau jenis kripto lain turun 50% dan menjual kepemilikan anda. Apa yang terjadi jika harga tiba-tiba naik kembali ke nilai aslinya? anda telah kehilangan 50% dari investasi anda dan mungkin enggan untuk membelinya kembali.

3. Petimbangkan untuk buying the dip atau membeli di harga terendah

Beberapa pakar kripto atau investasi berbicara tentang membeli harga terendah dan menjual harga tertinggi. Tetapi sebenarnya, hampir tidak mungkin mengatur waktu pasar dengan cara ini. Itulah salah satu alasan menganjurkan pendekatan investasi jangka panjang.

Jika anda hanya membeli aset yang menurut anda akan berkinerja baik dalam lima atau 10 tahun mendatang, fluktuasi harga jangka pendek tidak terlalu mengkhawatirkan.

Namun, penurunan yang signifikan dapat memberikan peluang untuk mengambil lebih banyak token favorit anda dengan harga murah. Misalnya, mungkin ada token yang Anda miliki di daftar pantauan anda selama beberapa waktu dan sedang menunggu waktu yang tepat untuk membelinya. Atau anda mungkin ingin membeli lebih banyak token tertentu yang sudah dimiliki karena menurut Anda mereka memiliki potensi jangka panjang yang kuat.

Yang mengatakan, jangan jatuh ke dalam perangkap pembelian panik juga. Tidak ada gunanya membeli aset yang belum anda teliti dan tidak benar-benar anda inginkan, hanya karena ada obral. Dan tentu bukan ide yang baik untuk menghabiskan uang yang anda butuhkan untuk memenuhi tujuan keuangan lainnya (atau lebih buruk lagi, meminjam uang) hanya untuk membeli penurunan.

Investasi kripto masih fluktuatif, dan ada banyak hal yang tidak diketahui, terutama karena momok peningkatan regulasi masih menghantui kita. Anda mungkin mencoba untuk membeli dip hanya untuk melihat harga jatuh lebih jauh.

4. Pahami dulu kenapa market jatuh

Ada baiknya untuk memahami mengapa harga turun, jika itu memengaruhi hipotesis investasi awal anda. Jika alasan anda untuk berinvestasi masih berlaku, maka poin ydalam artikel ini di atas semuanya berlaku. Tetapi jika sesuatu telah berubah secara drastis — mungkin telah terjadi pelanggaran keamanan, dan anda tidak lagi percaya pada proyek tertentu. Itu adalah cerita yang berbeda.

Misalnya, katakanlah anda membeli cryptocurrency karena menurut anda teknologi blockchain yang mendasarinya dapat merevolusi industri tertentu. Harga mulai turun karena rumor bahwa perkembangan komputasi kuantum telah membuat teknologi itu menjadi mubazir. Jika rumor itu benar, mungkin ini saatnya untuk mengevaluasi kembali investasi anda, alasan anda mungkin tidak lagi berlaku.

Dalam kasus crash setahun belakang ini, ada beberapa alasan jatuhnya pasar secara keseluruhan. Salah satunya adalah ketakutan atas varian baru omicron Covid, yang menyebabkan investor menarik diri dari aset berisiko.

Terlebih lagi, The Fed memperingatkan mungkin menaikkan suku bunga, dan masih ada gemuruh tentang peraturan yang lebih ketat dan yang terbaru adalah penyebab eksternal dari peperangan Russia dan Ukraina.

5. Jika Anda adalah seorang investor, pastikan bahwa kripto hanya sebagian dari portfolio invetasimu

Akhirnya, penurunan harga yang tiba-tiba ini adalah pengingat yang baik bahwa investasi cryptocurrency sangat berisiko. Ketika harga naik, bisa terasa mudah untuk menghasilkan uang. Tetapi semua jenis investasi membutuhkan waktu dan usaha, dan harga tidak selalu naik.

Mari berpikir sejenak lebih bijaksana untuk mengurangi risiko dengan hanya menginvestasikan sebagian kecil dari keseluruhan portofolio anda di kripto. Ada banyak pilihan investasi lain dan tentunya lebih aman, jadi cobalah untuk menyeimbangkan eksposur anda terhadap risiko dengan menjaga proporsi yang baik dalam hal-hal seperti saham, ETF, dan real estat. Dengan begitu, jika penurunan saat ini adalah awal dari kehancuran yang lebih besar, itu tidak akan menyebabkan kehancuran finansial. (mz)

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler