Bongkahan Es Greenland Mencair, Ancaman Banjir Global Meningkat!

Kampartrapost.com – Bongkahan es abadi di Greenland terus mencair. Hal ini membuat peringatan ancaman banjir global terus meningkat.

Mencairnya es abadi di Greenland ini di sebut-sebut akibat dari pemanasan global yang semakin meningkat. Sehingga membuat bongkahan es Greenland alami pencairan yang ekstrem.

Melansir CNN, sebuah penelitian oleh University of Leeds mengatakan jika dalam satu dekade ini sebanyak 3,5 triliun ton es telah mencair di permukaan pulau dan mengalir ke sungai.

Para ilmuan menggunakan data dari satelit dalam mendeteksi fenomena pencairan es dari luar angkasa, atau biasanya dikenal dengan lapisan-lapisan es.

Baca juga: Diklaim Hina Islam, Call of Duty Cabut Lafadz Al-Quran di Vanguard

Peneliti Pusat Pengamatan dan Permodelan Kutub Leeds, Thomas Slater mengatakan jika Greenland memang rentan adanya peningkatan cuaca yang ekstrem.

Mengutip dari Science Direct, Slater mengatakan jika Greenland pun sama dengan belahan dunia lain. Yang juga mengalami perubahan cuaca yang ekstrem.

Ia mengatakan jika iklim yang mengalami peningkatan panasnya sangat masuk akal jika adanya pencairan bongkahan es Greenland yang ekstrem.

Baca juga: Neas Wanimbo Ajak Pemuda Jadi Pahlawan di Masa Depan dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November

Pengamatan ini membantu manusia dalam meningkatkan model iklim dan memprediksi langkah dalam mencegah perubahan iklim di abad ini.

Sementara itu, penelitian tersebut juga menunjukkan jika selama dekade ini dari 2011 hingga 2020, peningkatan limpahan air dari melelehnya es Greendlan telah membuat air laut semakin naik secara global sekitar satu sentimeter.

 

Baca juga: Hak-hak menjelang pelaksanaan eksekusi mati di berbagai negara dan kontroversinya yang di nilai melanggar HAM

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler