Bripda Karno, Sosok Polisi Tekun dan Inspiratif

Kampartrapost.com – Bripda Karno Setiabudi, satu dari 259 Bintara Polisi yang dilantik Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal pada Kamis (7/7/2022) menjadi salah satu siswa paling berprestasi selama pendidikan.

Dibesarkan oleh orang tua yang berprofesi sebagai tukang las tidak membuat Karno patah semangat dalam meraih impiannya menjadi abdi negara.

Pada pelantikan yang dilangsungkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kampar itu, Karno dinyatakan sebagai siswa dengan perolehan nilai Jasmani memuaskan, yaitu 83,5.

Dalam kesempatan itu, Karno mengungkapkan bahwa dirinya tidak gentar walaupun orang tuanya berprofesi sebagai tukang las.

Ia tetap tekun melakukan latihan dan pendidikan kepolisian, hingga akhirnya dapat lulus dan menjadi salah satu siswa terbaik.

BACA JUGA: Gadis Depok Batuk Berdarah akibat Tersedak Jarum

“Saya tidak hilang keyakinan meski orang tua tukang las. Tiap hari saya latihan lari 10 kilometer sebelum tes Polri. Alhamdulillah saya ternyata bisa meraih cita-cita saya untuk mengabdi kepada bangsa ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Taslim selaku ayah dari Karno mengungkapkan perasaan bangganya atas prestasi anak ke-2nya itu.

Dengan penghasilan rata-rata Rp. 3 juta per bulan dan bekerja di bengkel orang, Taslim merasa bangga anaknya dapat menjadi bagian dari satuan kepolisan Indonesia.

Bahkan dalam perjalanan Karno menjadi seorang polisi, Taslim tidak mengeluarkan uang sedikitpun untuk anaknya itu.

“Saya hanya tukang las yang bekerja di bengkel orang. Sangat bangga anak saya bisa masuk polisi, dan saya tidak mengeluarkan uang sepeserpun, memang anak saya ini orang yang gigih,” beber Taslim.

BACA JUGA: Mengaku Dirampok, Sopir Truk Bogor Ketahuan Nge-prank

Pada acara pelantikan tersebut, Irjen Iqbal mengimbau seluruh Bintara Polisi  untuk melakukan pengayoman, perlindungan, hingga pelayanan pada masyarakat dengan maksimal.

Karena sejatinya simbol Polri paling mulia adalah ketika mereka dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Ia juga menegaskan para anggota untuk tidak mengecewakan nama institusi yang dibawa. Menjadi anggota Polri berarti mampu untuk mengabdi pada masyarakat dan negara.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler