Buka Sebagian Perbatasan, Korea Utara Tingkatkan Anggaran Virus

Korea, Kampartrapost.com – Korea Utara berencana untuk meningkatkan pengeluaran pemerintahnya untuk tindakan pandemi sepertiga tahun ini.

Peningkatan anggaran ini terjadi atas perintah pemimpin Kim Jong Un untuk menanggapi pembukaan perbatasan akibat pandemi. Media pemerintahan mengatakan hal tersebut pada Selasa (8/2/2022).

Melansir The Associated Press, rencana anggaran ini telah di sahkan di Pyongyang pada hari Minggu dan Senin. Pengesahan ini terjadi selama sesi parlemen stempel Pyongyang.

Baca juga: Dalam Perancangan, Bappenas Sebut 80 Persen Lahan IKN untuk Hutan Kota

Sesi parlemen ini terjadi beberapa minggu setelah Korea Utara secara tentatif memulai kembali lalu lintas angkutan kereta api dengan China setelah dua tahun penutupan perbatasan yang ekstrem dan kerusakan ekonomi.

Kim Jong Un telah mengisyaratkan perubahan yang lebih luas pada respons pandemi negara itu selama konferensi politik pada bulan Desember. Ketika dia menyerukan transisi menuju langkah-langkah anti-virus tingkat lanjut berdasarkan “landasan ilmiah.”

Kantor Berita Pusat Korea mengatakan Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara meloloskan rencana untuk meningkatkan pengeluaran untuk langkah-langkah anti-virus sebesar 33,3% dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Lamban! NASA dan SpaceX Selidiki Parasut Kapsul Dragon

Laporan tersebut tidak menjelaskan rencana pengeluaran tersebut dalam istilah moneter.

Kim Tok Hun, perdana menteri Kabinet Korea Utara, sebuah lembaga kunci yang menangani kebijakan ekonomi, menggambarkan respons pandemi Korea Utara sebagai prioritas utama dalam urusan negara.

Akan tetapi langkah-langkah tersebut akan di letakkan atas dasar ilmiah untuk menjamin keamanan negara dan orang-orang, kata KCNA.

Kim dalam pidato politik baru-baru ini telah bersumpah untuk lebih meningkatkan persenjataan nuklirnya.

KCNA mengatakan 15,9% dari total pengeluaran pemerintah Korea Utara tahun lalu di investasikan dalam program senjata nuklir. Persentase yang sama dari anggarannya tahun ini akan di gunakan untuk memperluas kemampuan militer.

Baca juga: Erdogan dan Sang Istri Positif Covid-19!

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler