Dilarang Berhijab, Mahasiswi Muslim India Harus Lepas Hijab saat Kelas

India, Kampartrapost.com – Pada Senin lalu (7/2/2022) beberapa mahasiswi muslim asal india tidak boleh masuk ke kampus di kota Kundapur di distrik Udupi.

Otoritas kampus tiba-tiba tidak mengizinkan mereka masuk ke kelas bersama mahasiswa lainnya dengan alasan larangan memakai hijab di kampus.

Melansir Al-Jazeera, para mahasiswi tersebut kemudian mulai memprotes otoritas kampus karena larangan yang tidak masuk akal ini.

Baca juga: Suriah Menembak Rudal Israel di Sekitar Damaskus

Selama empat hari, kelompok mahasiswi muslim yang terdiri dari 28 gadis ini berdiri di depan universitas mereka di negara Karnataka.

Sebelumnya pejabat perguruan tinggi memasang pemberitahuan di gerbang dan menyatakan larangan memakai hijab di kelas. Mereka memasukkan peraturan ini sebagai pakaian wajib perguruan.

“Guru kami memberi tahu kami bahwa mereka tidak akan mengizinkan kami masuk ke ruang kelas. Atau mengajar kami tanpa perintah pemerintah”, Farheen, seorang siswa perdagangan.

Baca juga: Buka Sebagian Perbatasan, Korea Utara Tingkatkan Anggaran Virus

Atas peraturan tersebut Farheen dan teman-temannya merasa terluka dan terhina.

Seorang pejabat dari departemen pendidikan mengunjungi gadis-gadis itu saat mereka duduk di ruang kelas yang terpisah. 

“Lepaskan hijabmu. Jika Anda terus seperti ini, Anda akan kehilangan pendidikan Anda,” katanya kepada  Farheen.

“Kami dulu duduk di kelas selama ini dengan hijab. Sekarang tiba-tiba, mereka memperlakukan kami seperti penjahat dan menahan kami di ruang kelas yang terpisah. Kami terluka,” kata teman Farheen.

Keputusan perguruan tinggi Kundapur untuk memisahkan gadis muslim berhijab telah membuat marah para mahaiswi dan para aktivis kampus. Mereka menyebut ini sebagai diskriminasi agama.

Front Kampus India (CFI), sebuah organisasi mahasiswa Muslim yang aktif di negara bagian India selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa larangan jilbab adalah konspirasi nasional terorganisir.

Baca juga: Izinkan Papan Reklame Terpasang di Tuanku Tambusai, DPRD: Pemko Pekanbaru Labil

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler