Dua Tewas, Puluhan Terluka Setelah Gempa Landa Provinsi Sichuan China

China, Kampartrapost.com – Dua orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah gempa landa provinsi Sichuan, China pada Kamis dini hari. Hal ini memicu Pemerintah China memberikan status tanggap darurat tertinggi kedua oleh tim penyelamat di provinsi Sichuan.

Melansir AFP, survei geologi AS mengatakan jika gempa tersebut bermagnitude 5,4 SR. Akan tetapi, Pusat Jaringan Gempa China mengatakan jika gempa di provinsi Sichuan gempa bermagnitudo 6,0 SR. Kedua badan meteorologi mengatakan jika gempa Sichuan berada di kedalaman dangkal 10 kilometer (6mil).

Baca juga: Regulator Perlindungan Data Uni Eropa Ajukan Dua Penyelidikan Pada Tiktok

Gempa tersebut melanda daerah Luxian sekitar 120 kilometer barat data dari kota Chongqing yang memiliki penduduk setidaknya sekitar 30 juta orang.

Pihak berwenang Luxian mengatakan jika gempa Sichuan telah menyebabkan setidaknya dua warga tewas, tiga terluka parah dan lebih dari 50 orang mengalami cidera ringan. Selain itu gempa tersebut telah meruntuhkan 22 rumah di daerah Luxian.

Sementara itu, puluhan rumah juga mengalami kerusakan. Gempa Sichuan berkekuatan 5,4 SR ini juga telah memutus alat komunikasi di daerah terdampak. Akan tetapi pemerintah setempat masih berusaha mengevakuasi korban dan memberikan pengumuman jika adanya gempa susulan.

“Tidak mungkin akan ada gempa yang lebih besar di daerah tersebut dalam waktu dekat. Tetapi gempa kecil susulan akan terus berlanjut dalam beberapa waktu,” kata Du Bin, wakil kepala Administrasi Gempa Sichuan.

Penyiar negara CGTN mengkonfirmasi jumlah korban tewas 3 orang. CGTN juga memberikan rekaman kamera CCTV yang menunjukkan bagaimana gempa mengguncang Sichuan dalam sebuah tweet.

Baca juga: Korea Utara Ancam Hancurkan Korea Selatan Setelah Dituduh Provokasi

Gempa Sichuan tersebut berhasil merusak fasilitas umum yang berada di daerah tersebut. Banyak puin-puing bangunan dan pohon-pohon tumbang menutupi bahu jalan.

USGS mengatakan bahwa kerusakan signifikan mungkin terjadi dan bencana berpotensi meluas dalam penilaian awal. Sedangkan Pemerintah Sichuan mengatakan dalam sebuah pernyataan di Weibo bahwa beberapa saluran listrik terputus dan membuat sekitar 62.000 rumah terkena pemadaman listrik setelah gempa terjadi.

Baca juga: Militer China hadir di Indo-Pasifik, Inggris, AS, dan Australia sepakati pakta pertahanan untuk menangkal kekuatan Tiongkok

Berita Direkomendasikan

2 KOMENTAR

  1. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler