Global Statistics

All countries
648,931,066
Confirmed
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
All countries
624,949,189
Recovered
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
All countries
6,643,618
Deaths
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
Sabtu, Desember 3, 2022

Duel Panas! Korea Utara dan Selatan Lakukan Uji Coba Rudal

- Advertisement -

Korea Selatan, Kampartrapost.com – Korea Utara dan Selatan lakukan duel panas dengan uji coba rudal pada Rabu (15/9/2021). Hal ini membuat kedua negara yang sebelumnya melakukan pembicaraan untuk meredakan ketegangan sia-sia.

Korea Selatan berhasil menguji rudal balistik kapal selam atau submarine-launched ballistic missile (SLBM)pada hari yang sama saat Korea Utara melepaskan rudal balistiknya ke pantai Timur. Hal ini membuat Korea Selatan menjadi negara pertama yang mengembangkan sistem seperti itu.

Uji coba Korea Selatan yang menembakkan sepasang rudal balistik tersebut, memicu ketegangan dengan negara tetangga. Tidak hanya itu, uji coba tersebut juga telah melanggat sanksi PBB dan meningkatkan ketegangan regionalnya.

Baca juga: PBB: Taliban Langgar Janji, Termasuk Hak Perempuan
- Advertisement -

Sementara itu, pada peluncuran rudal kapal selam SLBM presiden Korea Selatan Moon Jae In ikut meresmikan peluncuran senjata canggih mereka di atas kapal selam baru kelas 3.000 tonDosan Ahn Chang-ho.

Orang-orang menonton rekaman file siaran TV dari laporan berita tentang Korea Utara yang menembakkan apa yang tampak seperti sepasang rudal balistik di lepas pantai timurnya, di Seoul, Korea Selatan, 15 September 2021. REUTERS/Kim Hong-Ji
Siaran langsung dari TV Korea. -REUTERS/Kim Hong-Ji

Uji coba tersebut membuat Korea Selatan menjadi negara pertama yang mengembangkan rudal tanpa menggunakan sejata nuklir. Seperti yang biasanya digunakan untuk mempersenjatai SLBM, setelah AS, Rusia, Inggris , China, Prancis dan India.

- Advertisement -

“Memiliki SLBM penting dalam upaya pencegahan acaman dan mengamankan wilayah dari segala arah. Saya juga berharap, kami bisa memainkan peran penting dalam membangun kemampuan pertahanan dan perdamaian di semenanjung Korea,” kata kantor Presiden Korea Selatan.

Baca juga: Factbox: Penyebaran Virus Covid-19 di Seluruh Dunia

Duel panas dalam uji coba rudal ini telah dipercepat dibawah pimpinan Moon karena beberapa alasan. Termasuk dorongan otonomi kebijakan luar negeri yang lebih besar.

- Advertisement -

“Korea selatan akan menghadapi banyak hambatan politik dan hukum untuk mengembangkan senjata nuklir, baik eksternal dan internal,” katanya.

“Jadi, ini akan menjadi duel panas dalam menunjukkan siapa Korea Terkuat,” lanjutnya.

Presiden Moon Jae In mengatakan jika kemempuan mereka dalam mengembangkan rudal yang lebih baik karena tekanan Korea Utara dalam mengembangkan senjata nuklir.

“kami meningkatkan kemampuan senjata rudal dalam upaya pencegahan provokasi Korea Utara,” kata Presiden Moon Jae In.

Baca juga: Falcao Pakai Nomor ‘Aneh’, Netizen Ikut Bahas Nomor 10 Punya Bebe

 

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait