Global Statistics

All countries
649,677,375
Confirmed
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
All countries
624,774,892
Recovered
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
All countries
6,645,774
Deaths
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
Minggu, Desember 4, 2022

Akibat ulah Istri, Dubes Belgia untuk Korsel Dicopot

- Advertisement -

KOREA SELATAN, KAPARTRAPOST.COMJum’at (28/05/2021), Pemerintah Belgia mencopot jabatan duta besarnya di Korea Selatan dan sekaligus menghapus kekebalan diplomatik untuk istrinya, yang dituduh menyerang dua karyawan toko pakaian.

Xiang Xueqiu, isteri dari Duta Besar Belgia Peter Lescouhier, telah diinterogasi oleh polisi Korea Selatan atas tuduhan bahwa dia menampar wajah seorang karyawan toko pakaian dan memukul satu staf lainnya di belakang kepalanya pada awal April lalu.

Dilansir dari Korean Times, penganiayaan tersebut diduga terjadi ketika karyawan secara keliru mencurigai istri duta besar tersebut. Sang karyawan salah sangka bahwa sang istri duta besar telah mencuri pakaian dari tokonya. Prasangka si karyawan terjadi karena sang isteri duta besar mengenakan pakaian yang mirip dengan yang mereka jual

- Advertisement -

Baca juga:

“Karena hal ini, kekebalan diplomatiknya dihapus oleh Kantor Urusan Luar Negeri (Layanan Publik Federal), berdasarkan permintaan polisi,” kata Kementerian Luar Negeri Belgia dalam sebuah pernyataan. Kedutaan Besar Belgia di Seoul memposting pesan tersebut di akun Facebook-nya.

- Advertisement -

Jelas bahwa situasi saat ini tidak memungkinkan duta besar untuk terus menjalankan perannya “dengan cara yang tenang,” kata Kementerian tersebut dalam pernyataan itu.

“Menteri Luar Negeri Belgia Sophie Wilmes telah memutuskan bahwa, adalah kepentingan terbaik (demi) hubungan bilateral kita untuk mengakhiri masa jabatan Duta Besar Lescouhier di Republik Korea musim panas ini,” tambahnya.

- Advertisement -

Untuk diketahui, Lescouhier menjabat sebagai duta besar untuk Seoul pada Juni 2018.

Baca juga:

Tentang apakah mencabut kekebalan diplomatik berarti sang istri dapat menghadapi proses pidana di Korea, kementerian luar negeri Seoul mengatakan bahwa pihak Belgia telah memberi tahu mereka bahwa kekebalan itu “sebagian” dicabut, agar sang isteri duta besar dapat mematuhi arahan dan menjawab pertanyaan polisi Korea Selatan.

“Kami memahami bahwa kekebalan tidak melindungi seseorang dari langkah-langkah untuk mengikuti penyelidikan polisi, seperti persidangan dan hukuman,” kata kementerian itu.

Atas nama isterinya, Lescouhier telah meminta maaf atas insiden tersebut dan berjanji untuk bekerja sama secara penuh dalam penyelidikan polisi. Tetapi duta besar tersebut beserta pasangannya mendapat kritik publik atas kurangnya ketulusan mereka dalam menangani masalah tersebut.

Baca juga:

Permintaan maaf yang dikeluarkan dalam sebuah postingan Facebook memicu komentar marah publik karena duta besar dan istrinya tidak meminta maaf secara langsung, dan selain itu karena bahasa yang digunakan dalam permintaan maaf tersebut tampak tidak sesuai untuk pernyataan resmi dari seorang pejabat pemerintah asing yang menyatakan penyesalannya.

Kementerian terkait mengatakan bahwa sang istri telah bertemu secara pribadi dengan dua karyawan toko tersebut untuk meminta maaf secara langsung. Sangat disesalkan bahwa momen itu tidak bisa terjadi lebih cepat karena sang korban dirawat di rumah sakit, tambahnya.

“Belgia akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang Korea,” kata kementerian itu.

Memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 120 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Belgia, pemerintah Belgia berharap untuk membangun hubungan bilateral yang lebih kuat.

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait