Enam Tuntutan Mahasiswa untuk Jokowi Saat Demo

Kampartrapost.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia desak enam tuntutan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam aksi demo 11 April 2022.

Gabungan BEM Seluruh Indonesia menggelar aksi demo di DPR/RI dengan melayangkan enam tuntutan untuk Jokowi.

BACA JUGA: Mahfud Md Himbau Mahasiswa Demo dengan Tertib

Pertama, mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.Vaksin Lansia

Kedua, menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN. Termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah serta dampak yang muncul dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

BACA JUGA: Bahasa Melayu Disebut Juga dengan Bahasa Austronesia

Ketiga, mendesak dan menuntut Jokowi agar kembali menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat serta menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

Vaksin Lansia

Keempat, Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait.

Kelima, mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia

Vaksin Lansia

Keenam, menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf supaya berkomitmen penuh dalam memenuhi janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau agar penyampaian tuntutan tersebut berlangsung dengan tertib.

“Pemerintah mengimbau agar di dalam menyampaikan aspirasi supaya dilakukan dengan tertib, tidak anarkis dan tidak melanggar hukum,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Sabtu (9/4).

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler