Global Statistics

All countries
649,812,950
Confirmed
Updated on 4 December 2022 12:16 PM
All countries
624,830,792
Recovered
Updated on 4 December 2022 12:16 PM
All countries
6,646,108
Deaths
Updated on 4 December 2022 12:16 PM
Minggu, Desember 4, 2022

Ibu Hamil Terjangkit Virus Corona, Berikut Persiapan yang Dapat Dilakukan

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Keadaan pandemi yang belum juga usai dan angka orang terjangkit virus Corona yang kian meningkat di Indonesia menyebabkan kepanikan dari semua kalangan, termasuk ibu hamil.

Ditambah karena sedang mengandung anak, tentunya ibu hamil memiliki kekhawatiran lebih daripada siapapun jika terjangkit virus berbahaya ini. Mulai dari menjaga diri saat mengandung hingga persiapan melahirkan, berikut persiapan yang dapat pasien Covid-19 lakukan yang sedang dalam keadaan hamil.

1. Tingkatkan Sistem Imun dengan Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Ibu hamil yang sudah terpapar Corona harus meningkatkan imun tubuhnya dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen sesuai anjuran dokter. Selain meningkatkan imun, vitamin dan suplemen juga dapat lambat laun mematikan virus Corona, sehingga gejala yang terasa dapat berangsur membaik.

Baca juga: Beralasan Karena Duda, Pria Asal Bengkulu Cabuli Balita 4 Tahun

2. Usahakan Rileks dan Jangan Stress

- Advertisement -

Stress atau banyak pikiran dapat menurunkan daya tubuh, terlebih bagi ibu hamil yang kondisinya mudah drop dan lebih sensitif. Maka dari itu, ibu hamil yang sedang dalam isolasi mandiri akibat terjangkit virus Corona dapat melakukan aktifitas ringan untuk mengalihkan juga menenangkan pikiran. Olahraga ringan atau menonton serial di televisi dapat menjadi pilihan aktifitas yang baik untuk dilakukan.

3. Memilih Rumah Sakit dengan Fasilitas Memadai

Terjangkit virus Corona, tentunya persiapan persalinan berbeda dari ibu hamil lain yang dalam keadaan normal, untuk itu pilihlah rumah sakit yang dapat menangani hal tersebut. Tenaga kesehatan yang kompeten juga menjadi salah satu faktor penting dalam penanganan persiapan melahirkan pasien Covid-19.

4. Diskusi dengan Dokter Terkait Metode Persalinan

- Advertisement -

Hal penting yang harus butuh persiapan lagi oleh pasien Covid-19 yang akan melahirkan adalah mendiskusikan metode persalinan dengan dokter yang menangani tindakan.

Jika terjangkit dengan gejala ringan atau tanpa gejala, biasanya dapat melahirkan secara normal. Namun jika gejala cukup berat dan berasa dapat membahayakan janin, dokter akan menyarankan caesar sebagai metode melahirkan yang aman.

Baca juga: Pindad: Perusahaan Pertahanan RI Tak Masuk 100 Besar Dunia

5. Hindari Menyusui Langsung

- Advertisement -

Bukan karena air susu, namun pasien Covid-19 yang baru melahirkan dapat menularkan virus melalui droplet ataupun percikan air liur. Untuk menghindari hal tersebut, maka ibu bisa memberikan asi yang telah diperah dan dimasukkan ke dalam botol. Pastikan juga sebelum memerah asi ibu yang habis melahirkan menggunakan masker dan telah mencuci tangan dengan sabun secara benar.

Itu dia beberapa persiapan yang dapat dilakukan ibu hamil yang terpapar virus Corona saat mengandung hingga persiapan hendak melahirkan. Semoga sobat Kampartra yang sedang berada dalam kondisi tersebut diberi kemudahan ya, serta ibu dan bayinya juga aman dan selamat.

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait