Indonesia Rawan Covid-19, Luhut: Lansia dan yang Belum Vaksin Jangan Keluar Rumah

Kampartrapost.com – Pemerintah meminta masyarakat yang tergolong dalam kategori lansia (lanjut asia) di atas 60 tahun dan belum melaksanakan vaksinasi untuk sementara waktu tidak bepergian keluar rumah karena virus Corona yang masih mewabah di Tanah Air.

Bagi lansia yang memiliki komorbid juga diimbau untuk tidak keluar rumah dahulu untuk dua minggu hingga satu bulan kedepan.

Terlebih saat ini varian baru Omicron mulai muncul di Indonesia, sehingga diperlukan aksi pencegahan.

Langkah penanganan dari pemerintah diperlukan agar virus tersebut tak menular lebih lanjut.

Larangan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Harlah ke-19 NU di NTT secara virtual.

Baca juga: Izinkan Papan Reklame Terpasang di Tuanku Tambusai, DPRD: Pemko Pekanbaru Labil

“Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi, kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dahulu, sementara,” ujar Luhut, dikutip dari ANTARA, Sabtu (5/2/2022).

Menteri sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu meminta masyarakat untuk tidak mengangap remeh varian Omicron.

Varian baru dari virus asal Wuhan itu disebut dapat merusak tubuh, sehingga diperlukan pencegahan bagi setiap individu.

Namun pemerintah meminta masyarakat untuk jangan panik, lantaran perawatan bagi orang yang terjangkit Omicron biasanya memakan waktu lebih singkat.

Dari pernyataan terkait kasus Covid-19, juga diungkapkan bahwa orang meninggal akibat virus Corona secara garis besar adalah lansia.

Baca juga: Sekuriti RS di Bandung Diamankan Polisi terkait Kasus Pemerkosaan pada Anak Pasien

Serta warga dalam dua kategori lain yang telah disebut sebelumnya.

Seluruh elemen masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Aturan tersebut diterapkan tentunya tak hanya untuk kepentingan diri sendiri, namun juga orang yang berada di lingkungan sekitar.

Dengan langkah pencegahan yang dilakukan, maka diharap agar wabah Covid-19 dapat segera terkendali hingga musnah di Indonesia.

 

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler