Global Statistics

All countries
649,677,375
Confirmed
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
All countries
624,774,892
Recovered
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
All countries
6,645,774
Deaths
Updated on 4 December 2022 5:14 AM
Minggu, Desember 4, 2022

Inilah Deretan Prestasi Membanggakan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

- Advertisement -

Pekanbaru, Kampartrapost.com – Bandara Sultan Syarif Kasim II adalah bandara internasional yang bertempat di kota Pekanbaru, Riau, Indonesia. Banyak masyarakat menyebut bandara ini sebagai Bandara Internasional SSK II, SSK atau Sultan Syarif Qasim II (SSQ II), dan sebelumnya dikenal dengan Bandara Simpang Tiga.

Nama bandara ini diambil dari nama agung Sultan Syarif Kasim II. Sang baginda merupakan sultan terakhir Siak dan Pahlawan Nasional Indonesia. Bandara ini melayani penerbangan dari dan ke beberapa kota besar di Indonesia, dan juga beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Sri Lanka, dan Arab Saudi. Bandara ini sudah ada semenjak tahun 1940, dan terus berkembang pesat hingga kini.

Deretan Prestasi SSK II:

1. Bandara dengan Ruang VIP terbaik se-Indonesia

- Advertisement -

Pada tahun 2012, ruang VIP bandara SSK II mendapatkan penghargaan ini dari PT. Angkasa Pura II. Secara umum, beberapa kriteria yang menetapkan SSK III mendapatkan penghargaan ini ialah kelengkapan fasilitas ruang VIP, kualitas pelayanan, dan kenyamanan ruangan.

2. Penghargaan sebagai bandara dengan Toilet Terbersih se-Indonesia

- Advertisement -

Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Indonesia memberikan penghargaan kepada Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru karena memiliki toilet paling bersih dari seluruh bandara yang ada di Indonesia.

Bandara SSK II mendapatkan penghargaan ini secara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013. Beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk toilet umum bersih bandara adalah kebersihan, kelengkapan, kelayakan, kemudahan pemakaian, dan pengelolaan sesuai standar kebersihan.

- Advertisement -

Baca juga:

3. Zero Accident for 2,084,872 working hours

Dari 1 January 2009 hingga 31 December 2011, Bandara SSK II mencatat 0 (nol) kecelakaan yang terjadi di landasannya. Hal ini menjadi sebuah prestasi mengingat keamaan adalah faktor utama dalam setiap operasi di bandar udara.

4. Penghargaan The Best Airport

Bandara yang sangat dicintai masyarakat Riau ini berhasil dianugerahi penghargaan Best Airport 2012. Hal ini menjadikan bandara SSK II sebagai tempat tujuan Benchmark untuk 12 bandara lainnya yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero).

5. Penghargaan Internasional dalam 4 kategori sekaligus

Pada tahun 2018, Bandara SSK II mendapatkan 4 Penghargaan dari Airport Council Internasional (ACI):

– Bandara terbaik berdasarkan ukuran dan wilayah (2-5 juta penumpang di Asia-Pasifik).
– Bandara dengan lingkungan dan suasana terbaik berdasarkan ukuran (2-5 juta penumpang).
– Bandara dengan layanan pelanggan terbaik berdasarkan ukuran (2-5 juta penumpang).
– Bandara dengan infrastruktur dan fasilitas terbaik berdasarkan ukuran (2-5 juta penumpang).

6. Penghargaan Prima Utama dari Kementerian Perhubungan

Bandara SSK II mendapatkan penghargaan ini pada September 2018. Penghargaan Prima Utama ini diberikan kepada bandara yang memiliki nilai pelayanan tertinggi berdasarkan hasil survey dan asesmen oleh tim dewan juri dimana penghargaan ini diterima oleh Director of Airport Service & Facility.

Baca juga:

Berani Komentar Itu Baik

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait