Jalan Tol Trans Sumatera Ramai Kendaraan selama Periode Arus Mudik 2022

Kampartrapost.com – Jalan Tol Trans Sumatera ramai dilintasi pengendara selama periode arus mudik 2022. Tercatat mulai dari tujuh hari sebelum hingga hari lebaran tiba, jumlah kendaraan yang melintasi tol sebanyak 1.126.998 unit.

Jumlah kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari beberapa ruas tol operasi, yaitu Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Palembang-Indralaya.

Ruas tol lainnya adalah Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Tol Fungsional Pekanbaru- Bangkinang (Penang), serta Tol Medan-Binjai dan Tol Binjai-Stabat.

Selanjutnya, Tol Sigl-Banda Aceh seksi 2,3,4, hingga Tol Bengkulu Taba Penajung.

Peningkatan jumlah kendaraan selama arus mudik tersebut terjadi hingga dua kali lipat dibandingkan periode pada tahun 2021.

BACA JUGA: Minta Pemerintah Sejahterakan Kelompok Pekerja, Presiden Partai Buruh: Berikan Jaminan Sosial

Dibandingkan dari periode mudik 2019, jumlah saat ini mengalami peningkatan sebesar 57 persen, mengutip dari Riau Aktual.

Peningkatan sendiri diketahui lantaran antusiasme pemudik, yang mana pada tahun ini angka Covid-19 sudah menurun drastis dibandingkan dua tahun ke belakang.

“Meningkat signifikannya angka tersebut  karena antusiasme para pemudik,” ujar EVP Divisi OPT Hutama Karya Aryono Bayuaji pada Kamis (5/5/2022).

Lebih lanjut, dikatakan pula faktor lain peningkatan jumlah pemudik lantaran terdapat ruas-ruas yang saat ini baru dioperasikan serta difungsikan.

Per Rabu (4/5/2022), tercatat sebanyak 212.381 kendaraan berjalan balik di Tol Trans Sumatera.

BACA JUGA: Fasilitas Memadai, Wagub Riza Optimis JIS Layak dijadikan Lokasi Piala Dunia

Jumlah pada 2 hari usai lebaran tersebut terbagi atas Tol Bakter sebanyak 65.436 kendaraan dan Tol Terpeka dengan 26.957 kendaraan.

Untuk Tol Palindra, kendaraan yang melintas tercatat sebanyak 14.003 unit, dan Tol Permai Sebanyak 22.802 kendaraan.

Lalu terdapat 52.657 kendaraan melintasi Tol Medan-Binjai, Kendaraan di Tol Binjai-Stabat sebanyak 16.703 unit, serta 5.488 kendaraan melintasi Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2,3, dan 4.

Pada ruas fungsional sendiri, tercatat 2.254 kendaraan melintas di Tol Pekanbaru-Bangkinang (Penang), dan 6.081 kendaraan di Tol Bengkulu-Tb.Penanjung.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler