Jane Callista, Penyanyi Remaja Asal Indonesia Juarai Kompetisi Internasional di Italia

Kampartrapost.com – Penyanyi remaja asal Indonesia, Jane Callista kembali mengukir prestasi dalam kompetisi menyanyi internasional.  Kali ini, gadis kelahiran Jakarta, 1 Januari 2008 itu baru saja menjadi pemenang di ajang kompetisi menyanyi internasional “SanremoJunior World Finals” ke-13, yang berlangsung di Teatro Ariston, Sanremo, Italia pada 1–8 Mei 2022.

Sanremo Junior merupakan sebuah ajang kompetisi internasional bergengsi di dunia tarik suara yang berada di bawah naungan UNICEF. Pesertanya adalah perwakilan terpilih dari masing-masing negara yang telah melalui proses seleksi ketat dari panitia dan juri.

Jane menjadi pemenang pertama dan World Grand Prix Champion dengan suara bulat dari para juri mengalahkan pesaing dan para finalis lainnya yang merupakan representatif terpilih dari berbagai negara, meliputi 20 negara dari 3 benua.

Meski sudah beberapa kali memenangkan kompetisi bernyanyi di dalam dan luar negeri, kemenangan ini tetap membanggakan bagi Jane Callista karena level kompetisi Sanremo Junior yang sangat prestise.

BACA JUGA: Minta Presiden Tinjau Kebijakan Larangan Ekspor, Asosiasi Petani Sawit Lakukan Aksi Massa

Jane mengaku memiliki banyak pengalaman menarik sekaligus berharga selama mengikuti kompetisi menyanyi di “Sanremo Junior World Finals 2022“.

“Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bertemu para finalis yang sangat berbakat dari berbagai negara di dunia. Selain mendapat teman baru, kami juga saling bertukar cendera mata dari negara kami masing-masing,” tutur Jane Callista yang telah menyiapkan tas lukis dari Klaten dan boneka wayang sebagai cendera mata.

Jane pun merasa sangat bahagia bisa menyanyi dan berkompetisi langsung di hadapan para juri dan banyak penonton secara langsung.

Saat kompetisi, para finalis diiringi oleh Sanremo Symphony Orchestra dengan 32 musisi dan konduktor handal Maestro Alessandro Scaglione.

Pengumuman dan penobatan gelar juara World Grand Prix Winner dilakukan oleh pimpinan SanremoJ unior World Finals, Mr. Paolo Alberti dan presiden dewan juri Mr. Franco Fasano, yang merupakan sosok musisi ternama di Italia.

Ia menyampaikan dalam wawancara dengan berita koran nasional Italia La Stampa,

“Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. Sanremo Junior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik. Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaris Judy Garland. Meskipun usianya masih muda tapi dia penuh percaya diri,” tutur presiden juri Franco Fasano seperti dikutip pada koran nasional berbahasa Italia tersebut.

BACA JUGA: Theo Samuel Pasaribu, Anak Muda Kampar yang Pernah Ikut Audisi X Factor Indonesia

Jane membalut gaunnya dengan Bendera Merah Putih saat tampil dengan gelar juaranya. Dengan prestasi ini, tak lupa Jane Callista mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberinya dukungan untuk tampil di ajang kompetisi Sanremo Junior World Finals 2022.

“Terima kasih juga untuk Kedutaan Besar RI di Roma, Italia. Saya sangat tersanjung dan terhormat atas doa dan dukungan yang diberikan,” tutur Jane Callista menutup wawancara jarak jauhnya.

KBRI Roma mendukung talenta unggul generasi muda dalam hal ini khususnya prestasi pemuda Indonesia di bidang seni dan budaya untuk semakin mengharumkan nama Indonesia di berbagai forum internasional.

Prestasi Jane di Ajang Internasional

Selain penghargaan baru-baru ini yang ia dapat, sebelumnya Jane juga sering meraih penghargaan pada ajang kompetisi menyanyi Internasional. Sudah sangat banyak sekali prestasi dan penghargaan yang ia raih dari nasional hingga kancah internasional.

Penyanyi remaja ini awalnya mencoba peruntungan pertamanya di usia 6 tahun dengan mengikuti ajang Indonesian Idol Junior 2014, ajang pencarian bakat menyanyi terkenal di Indonesia untuk anak-anak. Ia tidak mendapat juara dan hanya keluar sebagai finalis.

https://www.instagram.com/p/CWpVNNHFKpT/?utm_source=ig_web_copy_link
Juara di kompetisi di Finland 2022.

Dua tahun berselang, ia mengikuti The Voice Kids Indonesia 2016, kembali hanya bertahan hingga babak 21 besar.

Berulang kali gagal tak menyurutkan semangatnya. Jane terus mengasah bakatnya hingga akhirnya di tahun 2018 ia meluncurkan album pertamanya yang bertajuk This Is Jane.

Masih di tahun yang sama, Ia meraih gelar Grand Champion di Asia Pacific Arts Festival in Music Category di Kamboja 2018.

Ia juga pernah diundang ke Kids Got Talent China 2018 sebagai bintang tamu.

Selain itu, Jane juga menyabet gelar juara di ajang Asian Dreamerz! 2019 di Singapura, Vocalist of Sopravista International Online Festival 2020 di Italia, Chicago International Music Competition 2020, dan Jean Sibelius Festival International Vocal Competition JSFest 2021 di Finlandia. (mz)

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler