Jokowi: ASN & Pejabat Dilarang Bukber dan Open House

Kampartrapost.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melarang aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat mengadakan buka bersama selama bulan Ramadhan. Selain itu, ia juga melarang ASN dan pejabat melakukan open house saat hari raya Idul Fitri.

Jokowi menyampaikan bahwa Covid-19 di Indonesia sudah ada perbaikan selama beberapa waktu terakhir. Tetapi, ia tetap ingin agar masyarakat untuk tetap ketat dengan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Percepat Pertumbuhan Talenta Digital, Jokowi Minta Perusahaan Siap Sedia Menerima Anak Magang

“Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kita masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan juga open house,” kata Jokowi di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3).

Namun, di sisi lain Jokowi telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan shalat tarawih di masjid-masjid dan juga mudik lebaran. Kata Jokowi dengan syarat harus sudah melakukan vaksinasi booster.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga boleh, dan dipersilahkan. Dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

BACA JUGA: Sedang Berbuka puasa, Warga Palestina Diserang Pemukim Israel di Sheikh Jarrah

Sementara itu, bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) pemerintah memberlakukan bebas karantina dengan tetap menjalani tes PCR ulang saat kedatangan.

“Bagi PPLN yang telah di vaksin dosis kedua atau ketiga seminimalnya 14 hari sebelum keberangkatan dan mendapatkan hasil negatif RT-PCR. Maka diperkenankan melanjutkan perjalanan,” kata Suharyanto mengutip Liputan6.com.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bagi PPLN bisa melanjutkan perjalanan, jika hasil RT-PCT-nya negatif.

“PPLN dapat menunggu hasilnya di hotel, tempat akomodasi penginapan atau tempat tinggal. Selama menunggu hasil keluar PPLN tidak boleh meninggalkan tempatnya atau berinteraksi dengan orang lain. Sebelum negatif berdasarkan RT-PCT,” terangnya.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler