Juru Bicara Ungkap Alasan Melonjaknya Kasus Covid-19 Saat Ini

Kampartrapost.com – Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia ungkap alasan dibalik lonjakan pesat kasus Covid-19 di Indonesia. Ia mengatakan, kenaikan itu terjadi karena adanya peningkatan pengujian serta testing yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mitigasi risiko kian menyebarnya virus Corona.

Pada Kamis (15/7/2021), data menunjukkan kasus positif Covid-19 meningkat drastis. Dari yang sehari sebelumnya 54.517 kasus, pada hari Kamis menjadi 56.757 kasus.

Nadia mengungkapkan bahwa kenaikan tersebut merupakan imbas dari upaya pemerintah menaikkan angka testing harian.

Baca juga: Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa, Usir Warga Palestina Saat Sholat Dhuhur

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 itu mengatakan pada Minggu (18/7/2021), “Jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya, positivity rate menurun dan ini sejalan dengan jumlah testing yang dilakukan.

Jumlah orang yang dilakukan tes sudah sampai 182.000 orang. Di sisi lain tentunya dilihat kasus sembuh sebanyak 19.000. Ini juga naik dibandingkan sehari sebelumnya.”

Nadia juga memberikan keterangan, jika dilihat jumlah kasus yang ada sekarang hampir tiga hingga empat kali lipat dibanding Desember 2020 dan Januari 2021, dimana terjadinya puncak kasus.

Itu menandakan sekarang jumlah testing sudah dinaikkan, dan pada Desember 2020 serta Januari 2021 lalu masih ada keterbatasan penggunaan seperti rapid antigen guna diagnosis atau mendeteksi orang yang terpapar, sehingga orang yang terdeteksi pun terhitung lebih sedikit.

Nadia berujar, “Saat ini dengan kombinasi pemeriksaan menggunakan PCR dan rapid antigen, kita bertujuan agar dapat segera menemukan orang sakit supaya kemudian bisa dipisahkan dari orang yang sehat, sehingga tidak ada penularan lagi pada orang sekitarnya.”

Baca juga: Tabrakan Bus dan Truk di Pakistan, 33 Orang Tewas

Dr. Hermawan Saputra selaku Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat menganggap peningkatan angka positif karena dilaksanakannya peningkatan testing adalah wajar. Dan juga memang peningkatan testing harus semakin ditingkatkan.

Ia mengatakan, “Jangan khawatir jika didapatkan angka kenaikan yang tiap hari memecahkan rekor. Kenaikan kasus akibat dari angka testing tinggi ini sebenarnya bagus untuk mitigasi risiko agar kita bisa memiliki perencanaan yang lebih baik untuk mempercepat penanganan dan menghindari kematian yang lebih besar. Itu yang paling penting.”

 

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler