Kasus Covid-19 Kembali Melandai, Luhut Izinkan Masyarakat Berpergian ke Tempat Umum

Kampartrapost.com – Kasus Covid-19 mulai melandai dibandingkan beberapa waktu sebelumnya, pemerintah tidak akan terlalu membatasi aktivitas luar ruangan masyarakat dalam situasi pandemi saat ini.

Meskipun tidak membatasi ruang gerak masyarakat, pemerintah tetap melakukan pengawasan secara ketat.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (14/2/2022), dilansir dari ANTARA.

Luhut menyampaikan untuk saat sekarang pemerintah akan melakukan pelonggaran aktivitas, namun dengan tetap melaksanakan monitoring.

Dari data disebutkan bahwa dalam waktu empat hari terakhir, kasus Covid-19 di salah satu wilayah Indonesia sudah kian membaik.

Baca juga: Polemik Aturan Baru JHT, Serikat Buruh: Pemerintah Sepertinya Tidak Bosan Menindas Buruh

Penurunan pada daerah yang dimaksud adalah kawasan pusat pemerintahan, DKI Jakarta.

Bersama dengan penurunan kasus penularan tersebut, tingkat keterisian di sejumlah rumah sakit juga tidak bertambah banyak.

Beberapa rumah sakit yang dimaksud dari informasi adalah RSDC Wisma Atlet Kemayoran dan RSPI Sulianti Saroso.

Ada pula tempat lain yaitu RS Pertamina serta RS Persahabatan.

Lebih lanjut, menteri seklaigus Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mempersilahkan masyarakat untuk berpergian ke tempat umum, yang salah satunya adalah pusat perbelanjaan seperti mal.

Baca juga: Sempat Reaktif, 8 Pelajar Pekanbaru Dinyatakan Positif Covid-19

Walaupun memberi izin untuk lebih leluasa berpergian, Luhut mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

“Silahkan jalan ke mana masuk ke mal, gunakan PeduliLindungi, kemudian PCR atau antigen untuk memeriksakan sendiri kalau ada gejala,” ujar Luhut.

Pemerintah sendiri mengimbau masyarakat untuk jangan takut berlebihan ada varian baru Omicron yang penyebarannya sudah mulai terjadi di Indonesia.

Dibandingkan varian Delta sendiri, virus Corona jenis Omicron dianggap tidak memberi dampak yang terlalu parah.

Luhut juga menyatakan bahwa pemerintah sama sekali tidak menganggap enteng situasi saat ini.

Meskipun diimbau untuk tidak takut, masyarakat harus tetap berhati-hati dan menghindari segalah hal yang dapat menjadi pemicu tersebarnya varian Omicron.

 

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler