Kibarkan Bendera LGBT, Kedubes Inggris di Jakarta Tuai Kecaman Muhammadiyah hingga Masyarakat

Kampartrapost.com – Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia mendapat banyak kecaman usai mengibarkan berdera pelangi, yang merupakan simbol dari komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di kantor kedubes.

Pengibaran bendera dari komunitas yang ditentang keberadaannya di Tanah Air itu sendiri dilakukan bukan tanpa alasan.

Penaikan bendera LGBT dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Internasional Melawan Homofobia, Transfobia, dan Bifobia.

“Dalam Hari Internasional Melawan Homofobia, Bifobia, dan Transfobia, kami mengibarkan mengibarkan bendera LGBT  dan mengadakan acara, untuk kita sebagai bagian dari keluarga kemanusiaan yang sama,” ujar akun Kedubes Inggris di Jakarta, British Embassy Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Pada foto yang diunggah akun Kedubes Inggris di Jakarta itu, bendera LGBT disandingkan dengan bendera Inggris, Union Jack.

BACA JUGA: Jokowi Tegaskan Relawan agar Tak Terburu-Buru Bicara Soal Pemilu 2024

Dengan keadaan dunia yang masih mendiskrimasi kaum LGBT, Kedubes Inggris meminta agar seluruh pihak dapat bekerja sama.

Bersama-sama, masyarakat dan pemerintah untuk bersatu dalam rangka menciptakan kedamaian pada komunitas tersebut.

Di sisi lain, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas sangat menyesalkan tindakan Kedubes Inggris yang dianggap tidak menghormati negara Indonesia.

Ia menegaskan bahwa Republik Indonesia memiliki nilai-nilai dari ajaran agama, yang mana sama sekali tidak mendukung perbuatan tak lazim seperti LGBT.

“Muhammadiyah sangat menyesalkan sikap Kedubes Inggris yang tidak menghormati negara Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera LGBT. Mereka harus tahu bahwa Indonesia punya falsafah Pancasila, dimana bangsa Indonesia sangat menghormati nilai-nilai dari ajaran agama,” ungkap Anwar, dalam keterangannya pada Sabtu (21/5/2022).

BACA JUGA: Kabar Duka dari Kedokteran RI: Mantan Jubir Covid-19 Achmad Yurianto Meninnggal Dunia

Menaggapi pemberitaan tersebut, masyarakat pengguna media sosial juga ikut memberikam komentar hingga kecaman pada Kedubes Inggris.

“This is Indonesia, not UK!” ujar seorang pengguna media sosial Instagram, lewat kolom komentar dalam unggahan bendera LGBT Kedubes Inggris.

“Dulu pelangi indah sekarang pelangi dijadikan lambang penyimpangan seksual,” ungkap pengguna lainnya.

“Not respect! Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung! Indonesia pancasila!” timpal pengguna di akun yang sama.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler