Global Statistics

All countries
648,937,689
Confirmed
Updated on 2 December 2022 10:55 PM
All countries
624,952,395
Recovered
Updated on 2 December 2022 10:55 PM
All countries
6,643,650
Deaths
Updated on 2 December 2022 10:55 PM
Sabtu, Desember 3, 2022

Korea Selatan Bantu Indonesia Dalam Penanganan Covid-19

- Advertisement -

Korea Selatan, Kampartrapost.com – Mewabahnya virus Covid-19 menyebabkan kebutuhan berupa tabung oksigen dan alat bantu pernapasan lainnya semakin meningkat. Penyakit yang menyebabkan penderitanya sesak napas dan beberapa gejala lain ini butuh penanganan secara maksimal, baik dari nakes maupun pemerintah.

Ketersediaan tabung oksigen dan kuota jumlah pasien di rumah sakit yang terbatas menimbulkan permasalahan. Sehingga menyebabkan banyak nyawa tidak tertolong akibat tidak mendapatkan penanganan.

Korea Selatan sebagai negara yang sering membantu dan melakukan kerja sama dengan Indonesia memberikan sejumlah bantuan peralatan guna membasmi Covid-19. Duta Besar Korsel untuk Indonesia juga menyampaikan rasa simpatinya untuk negara ini.

Baca juga: Afghanistan Berlakukan Jam Malam Untuk Antisipasi Serangan dari Taliban
- Advertisement -

Diketahui pada Sabtu (24/7), South Korea mengirimkan sejumlah bantuan penangan wabah virus Covid-19 ke Indonesia, yang diterima di Bandara Soekarno Hatta.

Bantuan tersebut terdiri atas 150 unit konsentrator oksigen juga ventilator sebanyak 35 unit, penyampaian langsung oleh Kedubes Korea Selatan di Indonesia.

- Advertisement -

Bantuan tersebut sudah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya pemerintah negeri ginseng itu menyumbang sebanyak 200 unit konsentrator oksigen ke Indonesia pada 18 Juli 2021 lalu, yang merupakan tahap pertama mereka menyalurkan bantuan.

Park Tae Sung selaku Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia mengatakan pada pekan lalu, “Tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi Covid-19 ini seorang diri.”

- Advertisement -

Menurut Dubes Korea itu, keadaan Covid-19 seperti sekarang semestinya menghadapinya dengan menumbuhkan kerja sama. Selain itu juga rasa saling membantu antara satu sama lain dalam skala internasional.

Baca juga: Ribuan Warga Australia Gelar Protes Anti ‘Lockdown’ di Sydney

Ia memiliki komitmen, Korea Selatan yang adalah mitra strategis khusus bagi Indonesia. Negara itu akan membantu memerangi keadaan dengan merabaknya Covid-19 seperti sekarang.

Dengan bantuan yang diberikan, Park berharap negaranya memiliki peranan dalam menyediakan adanya konsentrator oksigen di Indonesia.

Tidak hanya membantu dalam penanganan Covid-19, pemerintah Korea Selatan juga mengungkapkan akan menyalurkan bantuan kemanusiaan lainnya.

Dana bantuan sebesar 4 juta dolar AS atau setara dengan Rp.57 miliar telah diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada Indonesia guna menaikkan kapasitas pembasmian Covid-19 juga bagian dari wujud solidaritas.

Baca juga: PLN: PLTP Kamojang Hasilkan Kapasitas Listrik 140 MW
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait