Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Riau Naik Signifikan, Salah Satunya Melalui Pelabuhan Internasional Dumai

Bangkinang Kota, Kampartrapost.com –Kunjungan wisatawan mancanegara (luar negeri) ke Riau naik signifikan setelah melewati 2 tahun pasca pandemi COVID-19.

Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Riau mencatat ada 3.872 kunjungan selama bulan Juli 2022.

Kunjungan itu terhitung naik signifikan 45,78 persen dari bulan Juni 2022 yang tercatat hanya 2.656 kunjungan.

Kunjungi Juga Instagram Kampartrapost

Naiknya kunjungan wisatawan mancanegera itu melalui tiga pintu masuk yaitu Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis, dan Bandara Sultan Syarif Kasim II.

“Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau karena Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM RI kembali membuka Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka.”

BACA JUGA: Gubernur Riau Puji Desa Wisata Kampung Patin Kampar di Hadapan Sandiaga Uno

“Setelah dua tahun terakhir ini tidak beroperasi akibat pandemi COVID-19 pada 5 Juni 2022. Pemerintah juga mulai membuka pintu masuk Bandara Sultan Syarif Kasim II,” kata Kepala BPS Riau Misfaruddin mengutip Antara, Rabu (7/9).

Kata Misfaruddin, wisatawan paling banyak masuk melalui Pelabuhan Dumai yaitu 3.795 atau 90,1 persen dari total kunjungan 3.872 ke Riau.

“Melalui pintu masuk Pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 45 kunjungan atau 1,16 persen.”

“Sedangkan jumlah wisawatan mancanegara yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 12 kunjungan wisatawan atau 0,03 persen dari seluruh jumlah wisatawan yang datang,” terangnya.

Dia mengatakan pada Januari-Maret 2020 jumlah wisawatan mancanegara melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II masih tinggi.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Pekerja di Riau Akan Dapat BSU dari Kemnaker RI

Namun, jumlahnya turun drastis ketika pandemi COVID-19 mulai melanda Indonesia pada April 2020 lalu.

“Setelah hampir 2 tahun lebih penerbangan Internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim II ditutup akibat pandemi COVID-19.”

“Akhirnya Pemerintah Riau membuka kembali penerbangan Internasional sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada 4 Juli 2022,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pantun Jadi Budaya Dunia, Mendikbudristek Apresiasi Provinsi Riau

Lebih lanjut kata Misfaruddin selama Juli 2022 tercatat 32 kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Rata-rata wisawatan itu dominan berasal dari Malaysia.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler