Lampu Lalu Lintas di Yogyakarta Kemalingan: Pelaku Berpura-pura Jadi Dishub

Kampartrapost.com – Kasus kemalingan fasilitas umum di Indonesia selalu menimbulkan kegeraman bagi masyarakat, yang salah satunya terjadi di Yogyakarta. Seorang pelaku menggondol lampu lalu lintas di simpang kota.

Kadishub Kota Yogyakarta Agus Arief pada Minggu (9/1/2022) mengatakan ia dan pihaknya mentengarai kejadian tersebut berlangsung sekitar hari Jumat.

Hal itu diketahui saat petugas akan melakukan pengecekan secara berkala pada sarana dan prasarana yang ada di daerah tersebut.

Adapun lokasi lampu lalu lintas yang telah raib itu bertempat di simpang empat Wirosaban pada sisi selatan bagian kiri dan sisi barat simpang empat Tungkak.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan ia dan pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait cara pelaku mengambil fasilitas umum tersebut.

Baca juga: Mensos Risma Siapkan Rekening untuk Pengembalian Bansos Salah Sasaran dari ASN

Dalam melaksanakan aksinya, pelaku tidak meninggalkan kejanggalan atau bukti yang dapat dijadikan barang bukti bagi kepolisian.

Hal tersebut dinilai cukup sulit, mengingat proses pengambilan lampu lalu lintas bukanlah hal yang mudah.

Disebutkan bahwa pihak Dishub Kota Yogyakarta akan langsung mengganti lampu lalu lintas untuk dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Masyarakat juga diimbau untuk dapat memantau serta melapor jika kejadian serupa kembali terjadi.

Sebagai langkah pencegahan, baut pada tiang lampu lalu lintas akan dilas permanen, sehingga jika ada orang yang berniat jahat untuk kembali mencuri tak dapat melangsungkan aksinya.

Baca juga: RI Tuai Pujian Berkat Keberhasilan Atasi Covid-19, Luhut: Indonesia Itu Sakti

Tak butuh waktu lama, Polres Kota Yogyakarta kini telah berhasil meringkus pelaku pencurian lampu lintas yang memiliki ininsial MNEC.

Setelah diusut, ternyata MNEC sudah melangsungkan aksinya sebanyak 7 kali, baik di Yogyakarta maupun di kawasan DIY lainnya.

Modus dari pelaku saat melakukan pencurian adalah menyamar menjadi petugas Dinas Perhubungan yang seolah-olah sedang melakukan perbaikan APILL.

Ia melakukan pencurian seorang diri, dengan memutus lampu lalu lintas dan tiang penyangga.

Polisi telah berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diantaranya satu unit mobil pick up, satu kunci inggris, satu lampu warning lamp, dan alat kontrol kelengkapan lampu APILL.

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler