Libur Sekolah Diperpanjang, Bagaimana dengan Riau?

Kampartrapost.com – Libur sekolah diperpanjang oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi (Kemendikbudristek), lalu bagaimanakah dengan Riau?

Masa libur diperpanjang selama tiga hari, awalnya pemerintah menetapkan masa libur sekolah sampai 8 Mei 2022, dan kembali masuk 9 Mei 2022.

Kemudian pemerintah memperpanjang masa libur hingga Kamis 12 Mei 2022, dan kembali masuk Jum’at 13 Mei 2022.

BACA JUGA: Tingkatkan Potensi Ekonomi Syariah Daerah, Gubri Syamsuar Buka Lebar Pintu untuk Investor

Untuk merealisasikan aturan terbaru itu, Kemendikbudristek melakukan koordinasi dengan beberapa pemerintah provinsi.

Vaksin Lansia

Antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

“Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022,” kata Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek mengutip Pikiran Rakyat.

Perpanjangan masa libur ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan pada puncak arus balik lebaran 2022 yang diprediksi pada 6-9 Mei 2022.

“Diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy, Jum’at 6 Mei 2022.

Sementara itu, provinsi yang telah berkoordinasi dengan Kemendikbudristek mengeluarkan surat edaran terkait jadwal sekolah.

Provinsi Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka kembali berlangsung setelah libur lebaran 2022 yaitu Kamis, 12 Mei 2022.

“Semua sekolah, semua satuan pendidikan masuk lagi 12 Mei,” kata Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja mengutip Tribunnews.

Vaksin Lansia

Peraturan iru tertera pada Surat Edaran Nomor 13504/1.851 pada poin keenam tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022.

Berikutnya Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat juga mengeluarkan aturan tentang peserta didik kembali masuk sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi mengatakan bahwa para pelajar akan kembali masuk pada 12 Mei 2022.

“Kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022,” ungkap Dedi.

Aturan ini dikeluarkan untuk menindaklanjuti arahan dari pemerintah serta menimbang akan masuknya kendaraan ke Jabar saat puncak arus mudik.

“Karena diprediksi akan banyak sekali kendaraan yang akan masuk ke Jabar khususnya pada tanggal 6, 7, 8 Mei.”

“Karena itu Disdik Jabar mengeluarkan edaran agar kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022 ini.”

BACA JUGA: Tambah Fitur Baru, Twitter Bisa Gabungkan Foto-Video dalam Satu Tweet?

“Dalam rangka menindaklanjuti arahan dari bapak presiden maka Disdik Jawa Barat telah menyebarkan edaran kepada kabupaten/kota,” terangnya.

Sementara itu, Provinsi Banten juga mengeluarkan kebijakan yang sama.

Vaksin Lansia

Pelajar SMA-SMK dijadwalkan kembali masuk pada 12 Mei 2022.

“Ini (pengunduran masuk sekolah) kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI Jakarta, Banten.”

“Pak Dirjen (PAUD Dikdasmen) mengarahkan agar masuk sekolah diundur menjadi tanggal 12 Mei 2022,” kata Kepala Disdikbud Banten, Tabrani.

Ia juga berharap agar kebijakan ini dapat meminimalisir kemacetan saat puncak arus balik mudik lebaran 2022.

“Jadi, kebijakan itu  diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas karena kepulangan serentak di tanggal 8 Mei,” ungkapnya.

 

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler