Global Statistics

All countries
648,945,685
Confirmed
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
All countries
624,956,877
Recovered
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
All countries
6,643,660
Deaths
Updated on 2 December 2022 11:56 PM
Sabtu, Desember 3, 2022

Luncurkan Jet Tempur Siluman ‘Checkmate’ Terbaru, Rusia: 300 Jet akan Terjual Habis

- Advertisement -

Rusia, Kampartrapost.com – Lama telah ditunggu banyak orang, akhirnya jet tempur siluman Checkmate Rusia diungkap dalam pameran MAKS-2021 Internasional Aviation and Space Salon di dekat Moskow.

Pada Selasa (20/7), Presiden Rusia Vladimir Putin mengiringi pameran tersebut. Ia juga melihat bagaimana gagahnya jet tempur ringan bermesin tunggal generasi kelima yang menjadi harapan sebagai tandingan jet tempur siluman F-35 milik Amerika Serikat (AS).

Dikembangkan oleh perusahaan terkenal Rusia, Sukhoi, dengan kolaborasi dari dua perusahaan raksasa industri militer lainnya, Rostec dan UAC (United Aircraft Corporation).

- Advertisement -

Kepala Rostec, Sergey Chemezow dan direktur umum United Aircraft Corporation (UAC), Yury Slyusar, menyerahkan pesawat tempur itu kepada Putin di Pavillium pameran perusahaan Sukhoi.

Baca juga: Blue Origin Sukses Meroket, Wisata Luar Angkasa Pertama Bezos Berhasil!

Menurut presentasi UAC, prototipe pesawat tempur itu uni dan belum pernah berkembang sebelumnya di Rusia.

- Advertisement -

Siaran pers UAC mengatakan jika jet tempur siluman Checkmate menggabungkan teknologi AI dan memiliki visibilitas dan kinerja penerbangan yang tinggi.

Kepala perusahaan, Slyusar, juga memuji fitur pesawat itu di TV Rusia. Ia menggambarkan pesawat tempur itu sangat unik dikelasnya dan menambahkan jika pesawat tempur itu memiliki radius tempur hingga 1.500 kilometer. Rasio dorong terhadap berat terbesar, landasan yang lebih pendek dan pendaratan dengan lebih ringan tujuh ton beban tempur. Hal ini membuat rekor mutlak untuk pesawat kelas ini.

- Advertisement -

Media pemerintahan melaporkan, mengutip dari presentasi UAC, bahwa penerbangan pesawat tempur siluman ini berharap akan mulai pada tahun 2023.

Demitry Stefanivich, peneliti di Center for Internasional Security di Moskow, mengatakan jika kemungkinan fokus jet tempur Rusia akan berfokus pada pangsa pasar Internasional.

Hal ini juga di dukung oleh pernyataan pemerintah Rusia yang mengatakan bahwa mereka akan fokus terhadap pembeli internasional. Dan memperkirakan jika pemesanan pesawat tempur siluman checkmate ini akan mencapai 300 pesawat.

Baca juga: Panglima TNI Hadi Tjahjono Mutasi dan Promosi Jabatan 136 Perwira Tinggi

Negara-negara yang memungkinkan memesan pesawat tempur genius ini pertama kali adalah Uni Emirat Arab (UEA), Argentina, Vietnam dan India menurut Stefanovich.

“Ini bukan kebetulan.” Kata Stevanovich. “Rusia membuktikan jika mereka serius dalam mengembangkan dan memproduksi system rudal yang canggih.”

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait