Malaysia Waspadai Covid-19 dari India

INTERNASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – Covid-19 di Malaysia tembus angka 4.519 kasus dalam 24 jam terakhir pada Sabtu (8/5/2021). Provinsi yang tertinggi yaitu Selangor 1.722 kasus, diikuti Kuala Lumpur 557 dan Sarawak 479 kasus.

Direktur Jenderal Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan penambahan ini membuat angka kumulatif Malaysia menjadi 436.944 kasus.

Sementara itu kematian bertambah 25 orang akibat Covid-19, total kematian menjadi 1.657.

Baca juga: Covid-19, Pemkab Pelalawan Larang Takbir Keliling

Dr Noor Hisham mengkhawatirkan peningkatan kasus Covid-19 ini, ditegaskan juga oleh kementerian kesehatan yang ikut khawatir bahwa situasi covid-19 di India jangan sampai terjadi di Malaysia jika tidak melakukan tindakan secepat mungkin.

“Berdasarkan proyeksi nilai Rt saat ini sebesar 1,1, diperkirakan kasus harian akan mencapai 5.000 dalam dua hingga tiga minggu,” katanya berpedoman dengan peningkatan virus yang begitu cepat tersebar.

Kementerian kesehatan Malaysia juga memantau kapasitas rumah sakit yang dimiliki untuk menangani kasus covid-19.

Banyaknya peningkatan jumlah kasus, Malaysia sudah melakukan tindakan ketat terhadap beberapa bagian negaranya.

Baca juga: DA, Ditetapkan Menjadi Tersangka Setelah Tampar Imam Shalat di Pekanbaru

Tetapi, Malaysia tidak menerapkan MCO nasional, justru pemerintah melanjutkan pembatasan pergerakan yang ditargetkan.

“Jika ada wilayah hotspot, kami akan memberlakukan MCO sesuai dengan desa, kecamatan atau kabupaten yang memiliki kasus KLB banyak, dengan skala terkecil (MCO) yang akan dilaksanakan adalah tata tertib pengendalian pergerakan (EMCO), tetapi akan tetap dilakukan dengan tepat sasaran,” ungkap Ismail Sabri dikutip dari CNA.

“Namun, berbagai kemungkinan bisa terjadi karena menurut data Kementerian Kesehatan jika tidak ada intervensi dari pemerintah, kasus bisa mencapai lebih dari 5.000 setelah Idul Fitri dan bisa meningkat 10.000 kasus pada Juli dan Agustus,” tambahnya.

Baca juga: Covid-19 Malaysia Makin Parah, Banyak Pasien Usia Muda Meninggal

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler