Megawati Terima Gelar Profesor dari Universitas Ternama Korsel, Kok Bisa?

Kampartrapost.com – Megawati Soekarnoputri Ketua Umum Partai PDIP Perjuangan terima gelar profesor kehormatan dari universitas ternama di Korea Selatan, Seoul Institute of the Arts (SIA).

Gelar profesor kehormatan itu akan ia terima pada Selasa (10/5/2022) di Seoul Institute of the Arts.

Sebelumnya Megawati dijadwalkan untuk menghadiri pelantikan Presiden Korea Selatan yang baru terlebih dahulu pukul 10.30 waktu setempat.

Pemberian gelar profesor kehormatan kepada Megawati ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi dan komitmennya dalam memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea.

BACA JUGA: Bangga! Indonesia Pecahkan Rekor pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul

Selain itu, juga karena ia menaruh perhatian lebih terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan.

“Dan di sinilah pemberian gelar profesor kehormatan diberikan kepada Ibu Megawati dari Seoul Institute of the Arts. Karena memang pendekatan kebudayaan itu suatu hal yang sangat penting,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengutip Detik.com.

“Bahkan Ibu Mega pernah jadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian. Karena pada dasarnya Korea ini satu bangsa dua negara,” tambahnya.

Gelar profesor kehormatan dari SIA ini merupakan yang kedua bagi Mega, sebelumnya ia juga menerima gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI pada Juni 2021 lalu.

BACA JUGA: Tutup Dua Tahun karena Pandemi, Kapal Penumpang Dumai-Melaka Kembali Beroperasi

Seoul Institute of the Arts merupakan universitas ternama di Korea Selatan. Pasalnya, banyak artis-artis terkenal Korea Selatan terlahir dari sana.

Seperti Kim Seon Ho, Son Ye Jin, Kim Ha-neul, Wooyoung dari Grup 2PM, dan presenter Yoo Jae-Suk.

Sementara itu, Hasto memberi tahu bahwa kunjungan Megawati ke Korea Selatan ini merupakan penerbangan pertama dia setelah pandemi.

“Setelah dua tahun masa pandemi, ini baru pertama kali Ibu Megawati keluar dan naik pesawat. Baru ini setelah pandemi. Selama pandemi, belum pernah Ibu Mega naik pesawat keluar negeri. Bahkan selama pandemi, Ibu Megawati juga tidak pernah ke Bali.”

Kemudian Hasto menjelaskan bahwa undangan dari Presiden Korea Selatan untuk Megawati itu bersifat khusus dan merupakan suatu kehormatan bagi dia dapat menghadiri pelantikan presiden tersebut.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler