Mengejutkan, Mengapa AS Mulai Bela Palestina?

Kampartrapost.com, Amerika Serikat – Baru-baru ini upaya pendekatan AS ke Palestina terlihat ketika Washington berencana membuka kantor konsulat di Yerusalem.

Akan tetapi, Israel menentang langkah tersebut yang bisa saja membuat hubungan keduanya kembali di uji. Naftali Bannett, Perdana Menteri Israel menilai tindakan tersebut merupakan bentuk pengakuan AS terhadap Pakestina.

Lalu mengapa AS kini mulai membela Palestina?

Baca juga: Sah, PeduliLindungi Bisa Dipakai di 27 Negara Eropa

Melansir CNN Indonesia, Yerusalem sendiri merupakan titik panas antara Israel dan Palestina. Kedua negara tersebut telah lama memperebutkan Yerusalem untuk dijadikan ibu kota masa depan.

Tindakan pembelaan AS tiidak sampai situ saja, Anthony Blinken, Menteri Luar Negeri AS bahkan turut mendukung kebijakan untuk penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Selain itu, Juliana Porter, wakil juru bicara Kementrian Luar Negeri AS ikut mengeca tindakan Israel yang terus melakukan ekspansi di Tepi Barat pada Mei ini.

“Kami sangat menolak perluasan pemukiman yang akan meningkatkan tensi dan menghancurkan kepercayaaan pada pihak yang terlibat,” kata porter mengutip CNN Indonesia.

Baca juga: Ratusan Ribu Wisatawan Banjiri Objek Wisata Kampar Selama Lebaran

Tom Nides, sekaku Dubes AS untuk Israel juga mendesak adanya investigasi atas kematian jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh. Jurnalis tersebut tewas saat meliput operasi militer Israel di Kota Jenin, Tepi Barat, Rabu (12/5/2022).

Melansir CNN Indonesia, menurut Yon Machmudi, profesor kajian Timur Tengah Universitas Indonesia, AS bersama Biden mencoba membangun kembali citra negara yang adil dan tidak memihak.

Sebab pada masa jabatan presiden sebelumnya, Donal Trump yang secara terang-terangan memihak Israel. Bahkan Trump merilis berbagai aturan bernada xenofobia dan Islamfobia.

Ia juga sempat menutup perbatasan AS bagi negara mayoritas Muslim, atau lebih dikenal dengan Muslim Travel Ban.

Baca juga: Polisi Jambi Ditusuk Tombak Ikan oleh Pelaku Begal saat Melakukan Upaya Penangkapan

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler