Mengenal Sosok Wanita Dibalik Aplikasi iWareBatik

Kampartrapost.com – Batik merupakan warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO sejak 2009. Batik ini sudah menjadi  identitas bangsa Indonesia sejak berberapa tahun silam.

Dalam peringatan hari batik pada 2 Oktober lalu, tentunya kita kembali mengingat salah satu aplikasi batik yang tahun lalu baru saja di luncurkan. IWareBatik adalah aplikasi dan situs batik yang di luncurkan di Swiss pada 17 Agustus tahun lalu. Lalu siapa sih di balik adanya aplikasi iWareBatik ini?

Puspita Ayu Permatasari, kandidat doktor (PhD) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk warisan budaya tak benda dan pariwisata di Università della Svizzera italiana, di Lugano Swiss. Universitas ini merupakan pusat inkubasi teknologi untuk warisan budaya berbentuk situs maupun tak benda milik UNESCO.

Mengenal Sosok Wanita Dibalik Aplikasi iWareBatik
Puspita Ayu Permatasari. Instagram/puspita_ayu_permatasari

“Aplikasi iWareBatik ini merupakan singkatan dari ‘I am aware of Batik’ atau ‘interaktif software of Batik’ yang lebih terdengar seperti i ware batik atau saya memakai batik,” tutur Puspita saat di wawancarai via Whatsapp oleh wartawan Kampartra Post (2/10/2021).

Baca juga: Squid Game Viral, Perusahaan Broadband Korea Gugat Netflix

Puspita menceritakan jika aplikasi iWareBatik ini merupakan salah satu hasil riset kolaborasi antara pemerintah Indonesia. Ia mengungkapkan jika aplikasi iWareBatik bermula dari proposal kedoktorannya di Università della Svizzera italiana yang mendapatkan pendanaan dari LPDP.

Pembiayaan dari riset cetusannya ini berasal dari dua sumber yakni dari beasiswa kuliahnya selama empat tahun di luar negeri dan juga dari website www.iwarebatik.org  juga dari aplikasi iWareBatik yang bisa di unduh di android dan iOS.

“Aplikasi iWareBatik merupakan salah satu terobosan pertama di dunia oleh UNESCO melalui pusat inkubasi di Università della Svizzera italiana. IWareBatik sudah memiliki hampir 1.600 konten dan ada 124 motif batik beserta maknanya. Konten tersebut di dokumentasi dari jurnal relevan di Indonesia,” ungkap Puspita.

Mengenal Sosok Wanita Dibalik Aplikasi iWareBatik
Puspita Ayu Permatasari, Instagram/puspita_ayu_permatasari
Baca juga: Dikritik Toxic, Facebook: Instagram Membantu Remaja Mengatasi Masalah

Konten-konten yang terdapat di dalam website maupun aplikasi resmi iWareBatik sudah tersedia dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Selain motif dan makna batik iWareBatik juga menyediakan 129 konten tentang destinasi wisata di indonesia. Baik alam maupun budaya serta 9 warisan budaya berbentuk situs dan juga 9 warisan budaya tak benda yang terdapat di Indonesia.

Menariknya, aplikasi iWareBatik ini sudah lengkap dengan fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan batik recognition tool  yang dapat memindai dan mengenal corak batik.

“Pembiayaan dari server dan aplikasi ini mendapatkan biaya dari UNESCO melalui universitas,” tutur Puspita. “Sehingga Aplikasi dan website iWareBatik ini milik Indonesia dan UNESCO.”

Baca juga: Mengapa pemburu Nazi Efraim Zuroff tidak menyerah mengejar penjahat ‘holocaust’

Berita Direkomendasikan

4 KOMENTAR

  1. What i do not understood is actually how you are not really much more well-liked than you might be right now. You are so intelligent. You realize therefore considerably relating to this subject, produced me personally consider it from a lot of varied angles. Its like men and women aren’t fascinated unless it is one thing to do with Lady gaga! Your own stuffs great. Always maintain it up!

  2. I’m really loving the theme/design of your website. Do you ever run into any internet browser compatibility issues? A few of my blog readers have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any recommendations to help fix this problem?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler