Menlu Rusia Kunjungi RI, Indonesia – Rusia Finalisasi Kerja Sama Vaksin

Kampartrapost.com – Indonesia dan Rusia tengah berada di tahap akhir penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk produksi bersama vaksin COVID-19, setelah kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia ke Indonesia pada Selasa (6/7).

MoU tersebut akan menjadi dasar kerja sama jangka menengah dan panjang di bidang kesehatan dan kerja sama jangka pendek dalam produksi bersama vaksin, obat terapeutik, dan peralatan diagnostik, ungkap Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu), Retno Marsudi dalam konferensi pers daring usai pertemuan dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, Selasa (6/7).

Baca juga: AS Tarik Pasukannya dari Afghanistan, Taliban Makin Leluasa

“Semua kerja sama akan mengikuti panduan dari otoritas kesehatan kedua negara serta Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Menlu Retno, (6/7/2021).

Sejak Juni lalu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM ) telah berkunjung ke Rusia untuk melihat langsung fasilitas produksi vaksin Sputnik V buatan Rusia. Hal itu disampaikan Menlu Retno pada pernyataan tertulis Selasa (6/7) kemarin.

Hal tersebut lantas mengindikasikan Sputnik V akan menjadi ujung tombak baru vaksinasi di Indonesia.

Sementara itu, Menlu Rusia menyatakan kesiapan negaranya untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia tidak hanya dalam penyediaan vaksin. Tetapi mereka juga siap dalam relokasi pabrik produksi vaksin Rusia untuk diproduksi di Indonesia.

Baca juga: Untung Isi Tekanan Udara Ban Pakai Nitrogen

Sampai saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri belum memberi rekomendasi Sputnik V sebagai Emergency Use Authorization (EUA) vaksin, namun masih dalam rekomendasi vaksin sebagai Emergency Use Listing (EUL).

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler