Miliarder Jepang ini Sukses Mendarat ke Bumi Setelah Berwisata Luar Angkasa

Moskow, Kampartrapost.com – Seorang miliader Jepang, produser dan kosmonot Rusia pada Senin (20/12/2021) berhasil mendarat ke bumi dengan selamat setelah 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Taipan mode Yusaku Maezawa, produsernya Yozo Hirano dan kosmonot Rusia Alexander Misurkin melakukan pendaratan di kapsul Soyuz Rusia. Tepatnya di stepa Kazakhstan pada 09:13 (0313 GMT) sekitar 148 kilometer (sekitar 92 mil) tenggara kota Zhezkazgan.

Akan tetapi terdapat awan rendah yang mencegah holikopter dan tim penyelamat mencari ke daerah tersebut.

Sehingga tim penyelamat mencapai lokasi pendaratan dengan kendaraan segala medan untuk membantu kru dan melakukan pemeriksaan medis. Mereka melaporkan bahwa ketiganya merasa baik-baik saja.

Maezawa, 46, dan produsernya yang berusia 36 tahun, Hirano, adalah turis pertama yang membayar sendiri yang mengunjungi stasiun luar angkasa sejak 2009. Bagi Misurkin ini merupakan perjalanan misi luar angkasa ketiganya.

Baca juga: SpaceX Meluncurkan 52 Satelit Starlink dari Pangkalan California
Turis luar angkasa Jepang Yusaku Maezawa berbicara selama wawancara dengan The Associated Press dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS, Senin, 13 Desember 2021. Maezawa mengatakan dia mengalami mabuk perjalanan setelah tiba di pos luar angkasa dan butuh beberapa hari untuk beradaptasi ke gravitasi nol.  (Badan Antariksa Roscosmos via AP)
Turis luar angkasa Jepang Yusaku Maezawa berbicara selama wawancara dengan The Associated Press dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS, Senin, 13 Desember 2021. (Badan Antariksa Roscosmos via AP)

Melansir The Associated Press, Manezwa mengaakan bahwa begitu sampai di luar angkasa, kamu akan menyadari betapa berharganya pengalaman ini.

Ketika The Associated Press menanyakan perihal biaya yang ia keluarkan lebih dari $80 juta atau setara dengan Rp1,152 Trilliun. Maezawa tidak mengatakan berapa jumlah pastinya, yang jelas ia mengeluarkan biaya cukup banyak untuk itu.

Pada bulan Oktober, aktor Rusia Yulia Peresild dan sutradara film Klim Shipenko menghabiskan 12 hari di stasiun untuk membuat film pertama di dunia di orbit. Sebuah proyek yang disponsori oleh perusahaan luar angkasa Rusia Roscosmos untuk membantu meningkatkan reputasi bangsa untuk kejayaan luar angkasa.

Maezawa menangkis kritikan dari mereka yang mempertanyakan keputusannya untuk menghabiskan uang untuk perjalanan ruang angkasa. Alih-alih menggunakannya untuk membantu orang-orang di Bumi.

Baca juga: SpaceX Meluncurkan 52 Satelit Starlink dari Pangkalan California

“mereka yang mengkritik mungkin adalah mereka yang belum pernah ke luar angkasa,” kata Maezawa.

Dia mengatakan dia merasa sedikit mabuk perjalanan dan sedikit sulit untuk tidur. Ia menambahkan bahwa turis luar angkasa di masa depan harus siap menghabiskan hingga lima hari beradaptasi dengan gravitasi nol.

Maezawa mengatakan dia senang dengan lamanya perjalanan.

Ia juga mengatakan bahwa 12 hari adalah waktu yang tepat untuk untuk beradaptasi dengan mabuk perjalanan dan menikmati sisa penerbangan.

Setelah menanyakan ide-ide publik sebelum penerbangan, Maezawa telah menyusun daftar 100 hal yang harus dilakukan di luar angkasa. Termasuk bermain beberapa olahraga di dalam stasiun luar angkasa seperti bulu tangkis, tenis meja, dan golf.

Baca juga: Belanda resmi berlakukan lockdown selama satu bulan, 60% kasus Covid di Inggris di sebabkan oleh varian baru

 

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler