Mudik Dilarang Tetapi WNA China Bebas Masuk ‘Peraturan Ini Tidak Jelas’.

0
184
Kumpulan WNA China

NASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – Pemerintahan menegaskan kegiatan mudik lebaran tahun 2021 dalam bentuk apapun resmi dilarang pada 6-17 Mei. Tujuan dilakukan penyekatkan ini untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19 di Indonesia.

Ditengah polemik rusuhnya dilarang mudik, tampak beredar video Warga Negara Asing (WNA) China  masuk ke indonesia pada Selasa (4/5/2021). Hal itu kemudian dibenarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara mengkonfirmasi ada 85 WN China datang ke Indonesia pada selasa sore.

Ia menegaskan seluruh WN China yang masuk ke indonesia sudah memenuhi aturan protokol kesehatan yang diatur dalam perjalanan internasional.

Baca juga: DA, Ditetapkan Menjadi Tersangka Setelah Tampar Imam Shalat di Pekanbaru

Tak hanya itu kedatangan WN China juga menimbulkan kontroversi di Indonesia karena merebaknya mutasi Virus Corona varian baru yang ada di India dan Afrika Selatan.

Tercatat, Pada tanggal 6 Mei 2021 warga negara asing (WNA) China berjumlah 46 orang masuk ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Xiamen Air MF855. Pada saat itu mereka harus melewati pemeriksaan dokumen dan kesehatan, dari informasi itu hanya 17 WNA China yang lolos dari pemeriksaan.

Hari ini, 8 Mei 2021 China kembali berdatangan ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, tercatat membawa sekitar 166 orang. Saat ini mereka sedang dalam pemeriksaan, dari 166 orang 3 diantaranya merupakan penumpang WNI.

Kedatangan WN China tentu saja membuat masyarakat Indonesia bertanya-tanya kepada aturan pemerintah yang melarang kebijakan mudik 2021. Mengapa mudik dilarang sedangkan WN China bebas masuk ke Indonsia? Tentunya pertanyaan ini akan muncul dalam fikiran kita.

Baca juga: Sedang Berbuka puasa, Warga Palestina Diserang Pemukim Israel di Sheikh Jarrah

Ketika masyarakat Indonesia waspada mengenai kasus covid-19 di India, WN China justru bebas masuk ke negara Indonesia dengan alasan sudah memenuhi peraturan protokol kesehatan.

Tentu saja masuknya WN China membuat masalah baru di Indonesia karena diduga 2 diantaranya terbukti positif covid-19 saat melakukan tes swab. Dan sedang melakukan isolasi disalah satu Hotel untuk pasien covid-19.

Dikutip dari TribunNews.com Jehansyah Siregar selaku Pengamat Kebijakan Publik, ikut serta menanggapi soal ramainya WNA asal china yang masuk ke Indonesia ditengah larangan mudik.

Jehansyah menuturkan “dari sisi kebijakan, ini dua area kebijakan yang berbeda, mudik ini terkait dengan libur lebaran dan ini sangat berpotensi penyebaran covid-19 di daerah, sementara kedatangan warga negara China itu sebenarnya isunya ketenagakerjaan, namun karena kedatangan mereka ke Indonesia di saat mudik, jadi memberikan persepsi ke masyarakat bahwa pemerintah seolah-olah membebaskan”, kata Jehansyah dalam tayangan Youtube TvOne, sabtu (8/5/2021).

Baca juga: Puluhan WNA China Masuk Indonesia, DPR Sebut Pemerintah Kurang Peka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini