NASA Bakal Luncurkan Teleskop Luar Angkasa Webb Jumat Depan

Amerika Serikat, Kampartrapost.com – NASA mengkorfirmasi pada Jumat depat akan meluncurkan teleskop luar angkasa terbarunya.

Administrator NASA Bill Nelson mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb akan meluncur pada 24 Desember. Sebuah roket Ariane Eropa akan memberikan daya angkat dari Guyana Prancis Amerika Selatan.

Webb senilai $ 10 miliar, di anggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble seharusnya melonjak Sabtu. Tetapi tersentak oleh penjepit selama persiapan peluncuran, mengakibatkan penundaan empat hari.

Baca juga: SpaceX Meluncurkan 52 Satelit Starlink dari Pangkalan California

Namun karena hubungan komunikasi yang buruk pada roket harus di perbaiki, NASA menunda peluncuran dua hari lagi.

Pejabat antariksa AS dan Eropa menandatangani pada hari Jumat pada tanggal peluncuran, setelah satu putaran pengujian terakhir.

Melansir Associated Press, Nelson mengharapkan kerumunan yang lebih kecil di lokasi peluncuran karena liburan. Pengangkatan di jadwalkan pada pukul 07:20 EST.

Sudah bertahun-tahun terlambat terbang, Webb akan melihat kembali ke hampir awal waktu. Ketika bintang dan galaksi pertama terbentuk Webb juga memeriksa atmosfer planet yang mengorbit bintang lebih dekat ke rumah. NASA bermitra dengan badan antariksa Eropa dan Kanada dalam mega proyek tersebut.

Baca juga: Beijing Larang Warganya Berlibur Demi Kurangi Risiko Covid Selama Olimpiade

“Ada begitu banyak hal yang mendorong ini,” kata Nelson, “membuka semua jenis pemahaman dan pengungkapan baru tentang alam semesta,”

Ketika di tanyai apakah ada hadiah Natal yang lebih baik daripada melihat peluncuran teleskop? Nelson menjawab dengan menyanyikan lagu.

“Yang saya inginkan untuk Natal bukanlah dua gigi depan saya, tetapi untuk kesuksesan JWST,” kata Nelson, mengacu pada teleskop dengan akronimnya.

Baca juga: Kaki seribu atau luing dengan jumlah kaki terbanyak dari seluruh hewan yang pernah di ketahui manusia, di temukan di Australia

 

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler