NASA: Teleskop James Webb Menangkap Cahaya Bintang Pertamanya

Amerika Serikat, Kampartrapost.com – Teleskop ruang angkasa terbaru milik NASA, James Webb telah menangkap cahaya bintang untuk pertama kalinya.

James Webb bahkan bisa mengambil gambar cahaya tersebut dari cermin emas raksasanya.

Melansir The Associated Press, 18 segmen cermin utama pada teleskop luar angkasa James Webb tampaknya berfungsi dengan baik. Para pejabat mengatakan jika selama 1 setegah bulan teleskop Jamess Webb tidak mengalami masalah.

Target pertama teleskop adalah bintang terang yang berjarak 258 tahun cahaya di konstelasi Ursa Major.

Baca juga: Ilmuwan Inggris Raih Babak Baru dalam Energi Fusi Nuklir

“Itu benar-benar momen yang luar biasa,” kata Marshall Perrin dari Space Telescope Science Institute di Baltimore.

Selama beberapa bulan ke depan, segmen cermin heksagonal akan di sejajarkan dan di fokuskan menjadi satu. Hal ini akan memungkinkan pengamatan sains mulai pada akhir Juni.

Cermin berlapis emas setinggi 21 kaki (6,5 meter) milik Webb adalah yang terbesar yang pernah di luncurkan ke luar angkasa.

Kamera inframerah pada teleskop mengambil gambar cermin saat satu segmen menatap bintang yang menjadi target.

Baca juga: Bajak Game Xecutor, Warga Kanada Dihukum Penjara 3 Tahun

NASA merilis gambar dengan mosaik cahaya bintang dari masing-masing segmen cermin. 18 titik cahaya bintang menyerupai kunang-kunang terang yang terbang di langit malam yang hitam.

Setelah 20 tahun dengan proyek ini sangat memuaskan. Melihat semuanya bekerja dengan baik sejauh ini, kata Marcia Rieke dari Universitas Arizona, ilmuwan utama untuk kamera inframerah.

Webb meluncur dari Amerika Selatan pada bulan Desember dan mencapai tempat yang di tentukan sejauh 1 juta mil (1,6 juta kilometer) bulan lalu.

Baca juga: Jadi Korban Salah Sasaran, Seorang Pria di Bogor Tertembak Rekannya saat Berburu

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler