Neas Wanimbo Ajak Pemuda Jadi Pahlawan di Masa Depan dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November

Papua, Kampartrapost.com – Peringatan hari pahlawan tentunya tak lepas dari peran para pemuda dalam melanjutkan visi dan misi para pahlawan.

Begitupun dengan Neas Wanimbo, dalam peringatan hari pahlawan 10 November 2021 ini ia mengajak para pemuda untuk memperjuangkan nilai-nilai para pahlawan tinggalkan.

“Saya sebagai anak muda pun harus berjuang. Seperti dalam dunia pendidikan ini, bagaimana saya bisa memajukan pendidikan anak-anak khususnya di kampung halaman saya di Papua,” tutur Neas Wanimbo dalam sebuah wawancara dengan Kampartrapost pada Senin (8/11/2021).

“Ayo anak-anak muda kita harus menjadi pahlawan-pahlawan berikutnya,“ lanjut Neas.

Hari pahlawan yang memiliki arti mendalam bagi Neas. Karena ini merupakan momen dimana para pahlawan berjuang dalam mencetuskan kemerdekaan. Sebagai anak muda ia pun harus bisa menjadi pahlawan untuk masa depan.

Jangan takut untuk memperjuangkan sesuatu. Aku, kamu dan kita semua harus berjuang sama-sama, berjuang menjadi pahlawan Indonesia yang berikutnya. -Neas Wanimbo

Baca juga: Neas Wanimbo, Pemuda Papua yang Tolak Tawaran ke Jepang Demi Bangun Kampung Halaman

“Pahlawan pendidikan misalnya,” tutur Neas.

Neas pun memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari pahlawan ini. Ia lebih suka mengingat kembali masa lalu. Mendengarkan cerita-cerita dari orang tuannya bagaimana perjuangan para pahlawan. Sehingga Indonesia bisa merdeka seperti sekarang.

“Saya lebih meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita para pahlawan. Apa sih yang mereka lakukan untuk kita sehingga kita bisa sampai di disi sebagai warga Indonesia,” kata Neas.

Ia mengatakan dari cerita-cerita tersebut ia bisa mendapat motivasi. Sebab dari para pahlawan yang berjuang ia bisa memikirkan, kontribusi apa yang bisa ia berikan demi membalas jasa para pahlawan.

Neas mengatakan bahwa menjadi pahlawan di zaman sekarang dan dulu memiliki perbedaan yang signifikan. Zaman sekrang para pemuda berjuang untuk melakukan pembangunan masyarakat khusunya dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, ia juga memberikan beberapa motivasi bagi para remaja. Sebagai pemuda indonesia kita harus merangkul semua lapisan masyarakat dan memperjuangkan nilai-nilai dan juga value-value menjaga semua itu jangan sampai lentur.

Baca juga: Suka Duka Neas Wanimbo dalam Membangun Komunitas Hanowene di Papua

Ia juga mengatakan jika momen hari pahlawan ini adalah ajang untuk menambah prestasi kita sebagai anak muda. Tak hanya itu, Neas juga memberi beberapa tips and trick agar kita lebih berprestasi dalam menjadi pahlawan di masa depan.

“Untuk seluruh pemuda saya harap sih semua bisa fokus di bidang yang kalian minati yang sesuai passioan kalian,“ tutur Neas.

Neas mengatakan jika menjadi lebih berprestasi memang butuh sedikit perjuangan seperti dalam mendalami minat dan passion diri kita maupun dalam mengatur waktu.

“Yang terpenting sih kuncinya tentu doa. Apapun yang ingin kalian lakukan tentuya tak terlepas dari doa,” kata pemuda 25 tahun tersebut.

Ia juga menambahkan selain doa, restu dan dukungan dari orangtua itu sangat penting. Selain itu kunci untuk menjadi sukses ialah banyak beribadah.

“Kita harus pandai mengatur wktu, jangan bersantai karena waktu terus berjalan! Semangat menjadi pahlawan perubahan!“ tukas Neas Wanimbo.

Baca juga: Konflik kepentingan bisnis PCR, Jokowi diminta bertindak atas ‘pelanggaran etika’ dua menterinya

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler