Pemanfaatan Internet di HUT RI ke-76, Sudah Maksimal atau Masih Butuh Perbaikan?

Kampartrapost.com – Pada HUT Republik Indonesia yang ke-76 banyak doa dipanjatkan demi kesejahteraan juga kemakmuran seluruh elemen di tanah air.

Banyaknya hal yang masih dalam tahap harus diperbaiki di Indonesia jadi salah satu faktor kenapa negara ini masih belum maju.

Mulai dari ekonomi penduduk yang masih di bawah rata-rata, hingga pendidikan yang tidak merata.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terutama bagi generasi penerus adalah Internet.

Baca juga: Papua dan 76 Tahun Merdekanya Republik Indonesia

Sistem komunikasi global ini dapat mendatangkan kebaikan, namun tak menutup kemungkinan mendatangkan keburukan pula.

Semua tergantung dari orang yang menggunakan jaringan ini.

Kaum milenial sebagai generasi penerus dapat memanfaatkan akses internet dengan baik jika ia paham dan mengetahui caranya.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Dr. Ernita Arif, M.Si ungkap pandangannya pada pemanfaatan Internet di Indonesia sekarang.

Baca juga: Bantu India, Indonesia kirimkan 200 Konsentraktor Oksigen

Ernita ungkap salah satu upaya pemanfaatan internet yang bisa generasi milenial lakukan dalam rangka peringati HUT RI yang ke-76.

“Tentunya hal-hal yang dapat mendatangkan kebermanfaatan, artinya yang dapat menggugah semangat untuk menghargai perjuangan di masa lalu maupun masa kini. Sebagai contoh sederhana mengucapkan dirgahayu RI dengan memasang twibbon RI yang ke-76 di media sosial,” kata Ernita melalui pesan WhatsApp pada Kamis (19/8/2021).

Ernita juga menyampaikan pendapatnya terkait Indonesia yang pernah dapat cap tidak baik sebagai pengguna internet paling buruk se-Asia Tenggara pada awal tahun lalu.

“Klaim tersebut tentu ada dasarnya. Namun yang pasti kita harus menjadikan klaim tersebut untuk lebih baik lagi kedepannya,” terang Ernita.

Baca juga: Oknum TNI AD Diperiksa Kodim Usai Cekik dan Tampar Warga di Jaktim

Dosen sekaligus Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas itu juga jelaskan bahwa kesopanan seseorang di internet ada hubungannya dengan sikap individu itu di kehidupan nyata.

“Saya melihat kesopanan di internet itu ada korelasinya dengan kesopanan individu itu sendiri dalam kehidupan sehari-harinya, artinya apa yang dilakukan di internet menggambarkan kepribadian individu yang sesungguhnya,” jelas wanita kelahiran 1977 itu.

Sebagai warga Indonesia, Ernita sampaikan harapan untuk masyarakat dalam rangka pemanfaatan internet.

“Manfaatkan dan pergunakanlah untuk memudahkan dan memberikan manfaat yang banyak. Tentunya akan beruntung bagi yang dapat memanfaatkan semua kelebihan dari internet dan tentunya akan merugi bagi yang kurang pandai dalam menggunakannya,” pungkasnya.

 

Berita Direkomendasikan

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler