Global Statistics

All countries
649,812,950
Confirmed
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
All countries
624,830,792
Recovered
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
All countries
6,646,108
Deaths
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
Minggu, Desember 4, 2022

Pendapat Dubes Indonesia untuk Swiss Tentang iWareBatik

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Prof. Dr. Muliaman D. Hadad menyampaikan pendapatnya mengenai iWareBatik pada sambutannya di acara International iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021 pada 15 dan 29 Oktober 2021.

Melansir iWareBatik, Muliaman mengatakan pada saat iWareBatik peluncuran resmi pada 17 Agustus 2020, KBRI juga turut mempromosikan iWareBatik sebagai bagian dari promosi budaya di Swiss.

Ia pun mengajak masyarakat untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi iWareBatik dengan baik. Penggunaan aplikasi iWareBatik ini sebagai salah satu dukungan terhadap kelestarian batik di Indonesia maupun dunia sebagai salah satu warisan budaya UNESCO.

Baca juga: Acara Internasional iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021: Merayakan 156 Talenta Brilian Indonesia
- Advertisement -

Muliaman menambahkan bahwa promosi yang KBRI lakukan ini telah mendapatkan banyak umpan balik positif dari masyarakat maupun dunia.

Selain itu, dalam sambutannya di acara International iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021, ia mengatakan jika acara-acara seperti ini dapat menjadi tonggak baru dalam penggabungan teknologi dan warisan budaya khususnya Indonesia.

- Advertisement -

Sementara itu, ia juga mengucapkan selamat kepada 73 peserta dari 15 finalis dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia yang berhasil mempresentasikan ide mereka.

Ia menutup sambutannya dengan mengucapkan selamat dan harapannya agar kompetisi semacam ini dapat terus berkembang. Selain itu dapat menjadi nilai tambah bagi warisan budaya Indonesia, khususnya batik.

Baca juga: Mengenal Sosok Wanita Dibalik Aplikasi iWareBatik
- Advertisement -

International iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021 ialah sebuah acara yang dipelopori oleh iWareBatik dengan tujuan mengapresiasi dan mempromosikan nilai-nilai budaya dari tekstil tradisional Indonesia.

Acara ini juga bertujuan sebagai ajang pemanfaatan budaya. Dengan cara yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs) masyarakat lokal melalui pariwisata maupun fesyen.

Pendapat Dubes Indonesia untuk Swiss Tentang iWareBatik
Suasana Zoom meeting dalam International iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021 (Foto: iWareBatik)

International iWareBatik Ideas Hackathon Event 2021 ini telah di ikuti oleh 926 mahasiswa S1 dari berbagai Universitas Indonesia. Dan berhasil mengerahkan 156 mahasiswa dengan esai terbaik yang telah melalui berbagai rangkaian seleksi untuk mewakili 33 universitas di Indonesia.

Para peserta terpilih juga mendapat kesempatan untuk mempresentasikan ide teknologi digital inovatif untuk warisan tekstil budaya. Seperti batik yang termasuk kedalam warisan budaya dunia.

Baca juga: Cek fakta pernyataan Jokowi di COP26, aktivis lingkungan peringatkan ‘bencana ekologi’ karena laju penggundulan hutan justru akan naik
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait