Pengusutan Kasus Dugaan Korupsi Rp.129,6 Miliar di UIN Suska Masuki Babak Penyidikan

Kampartrapost.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menaikkan status perkara dugaan korupsi pengelolaan dana Bantuan Layanan Umum (BLU) di UIN Suska pada tahun 2019 silam, yang sebelumnya di tahap penyelidikan menjadi penyidikan.

Peningkatan status tersebut disebut sebagai final gelar perkara yang dilakukan Tim Penyelidik Bidang Pidana Khusus (Pisdus), pada Rabu (11/3/2022) lalu.

Informasi perubahan status perkara sendiri dibenarkan Kasi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Riau, Bambang Heri Purwanto.

“Hasilnya perkara dugaan dalam pengelolaan dana BLU UIN Suska Riau 2019 yang bersumber dari APBN dengan pagu anggaran Rp.129.668.957.532,- ditingkatkan ke tahap penyidikan,” ungkap Bambang, Kamis (12/5/2022).

Proses gelar perkara dihadiri langsung oleh pihak-pihak penting, yaitu Kajati Riau Jaja Subagja, Wakajati Akmal Abbas, dan Aspidsus Tri Joko.

BACA JUGA: Absen Kantor hingga Enam Bulan, Wali Kota Tindak Tegas ASN di Makassar

Selanjutnya Asintel Raharjo Budi Kisnanto, Koordinator Bidang Pidsus Zulkifli Said, serta Kasi Penyidikan Rizky Rahmatullah.

Lalu Kasi Penuntutan Riau Rudi Heryanto, Tim Auditor, hingga Para Jaksa Fungsional Kejati Riau.

Peningkatan perkara dilakukan bukan tanpa sebab. Diungkapkan penyelidik sudah menemukan bahwa terdapat kasus pidana dan perbuatan tak sesuai hukum yang merugikan negara dari segi keuangan.

Pada tahap penyelidikan, pihak berwajib meminta keterangan 20 orang terkait. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan informasi serta data lanjutan.

Surat Perintah Penyidik (Sprindik) sudah diterbitkan untuk memproses penyidikan dari Kajati Riau.

BACA JUGA: Polisi Jambi Ditusuk Tombak Ikan oleh Pelaku Begal saat Melakukan Upaya Penangkapan

Upaya lain yang dilakukan untuk proses perkara adalah penunjukkan sejumlah Jasa Penyidik agar proses penyidikan pada penanganan perkara dapat dituntaskan dengan baik.

 

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler