Pertama di Dunia, Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi El Salvador

El Salvador, Kampartrapost.com – Bitcoin sekarang menjadi mata uang resmi di El salvador pada Selasa (7/9/2021). Ini menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang menggunakan bitcoin sebagai mata uang resmi.

Sejalan dengan keputusan tersebut, tiga bulan lalu El Salvador telah membuat undang-undang Bitcoin yang badan Legislatif setempat sahkan. Undang-undang tersebut disahkan dengan 62 Anggota mendukung RUU tersebut, sementara 19 menentang dan tiga absen.

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan dalam sebuah cuitan twitternya bahwa dalam proses menjadikan bitcoin sebagai mata uang resmi, akan dilengkapi dengan kurva pembelajaran.

“Kita harus mematahkan paradigma masa lalu. El Salvador memiliki hak untuk bergerak menuju dunia pertama,” kata Bukele.

Baca juga: Jerman Protes Rusia Untuk Mengakhiri Serangan Siber Pra-Pemilu

Penggunaan bitcoin sebagai mata uang resmi El Salvador bertepatan dengan dolar AS pada tahun 2001 yang telah beredar di seluruh dunia.

Pertama di Dunia, Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi El Salvador
Presiden El Salvador, Nayib Bukele. – Foto oleh Emerson Flores/Getty Images

Rencana yang dipelopori oleh Presiden Nayib Bukele yang muda, karismatik, dan populer. Ini bertujuan untuk memungkinkan warga Salvador menghemat $400 juta. Yang mereka habiskan setiap tahun dalam komisi untuk pengiriman uang dan sebagian besar dari Amerika Serikat.

Tahun lalu saja pengiriman uang ke El Salvador mencapai hampir $6 miliar, atau 23% dari produk domestik brutonya, salah satu rasio tertinggi di dunia.

Saat ini di El Salvador dalam membeli barang, jasa dan bahkan membayar pajak dapat menggunakan kripto. Dengan catatan setiap agen ekonomi harus menerima penggunaan mata uang bitcoin sebagai bentuk pembayaran yang sah menurut hukum.

Baca juga: Meskipun Ada Kasus Sapi Gila, China Bersikeras Lanjutkan Impor Daging Sapi Brazil

Sebelumnya, undang-undang tersebut mengundang kontroversial dan pertentangan. Beberapa orang menyebut penggunaan bitcoin sebagai mata uang sebagai inkonstitusional. Pada bulan Juni, Dana Moneter Internasional mengatakan langkah El Salvador mengangkat sejumlah masalah ekonomi makro, keuangan, dan hukum.

Pertama di Dunia, Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi El Salvador
Logo bitcoin terlihat di salah satu barber shop El Salvador. – Foto: Reuters/Jose Cabezas

Sementara itu, untuk menunjukkan dukungan akan kebijakan baru ini. Para pendukung kripto membeli bitcoin senilai 30 dolar bertepatan dengan sahnya mata uang bitcoin sebagai alat pembayaran resmi.

Dari 75.489 suara pada jajak pendapat CEO MicroStrategy Michael Saylor, 82% responden mengatakan mereka akan membeli bitcoin senilai $30.

Pada hari Selasa penasihat hukum kepresidenan Javier Argueta mengkonfirmasi jika semua orang wajib memiliki dompet elektronik untuk menerima pembayaran dalam bitcoin. Meskipun faktanya pembayaran tersebut dalam bentuk dolar dan tidak dalam bentuk kripto.

Harga crypto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar naik lebih dari 2,3% selama periode 24 jam dan saat ini berpindah tangan sekitar $52.600.

Baca juga: Tahanan Palestina yang pernah jadi komandan Brigade Martir Al Aqsa kabur dari penjara Israel, menggali terowongan dengan ‘sendok berkarat’

Berita Direkomendasikan

3 KOMENTAR

  1. You actually make it seem so easy along with your presentation however I to find this topic to be actually something that I believe I would never understand. It sort of feels too complicated and extremely broad for me. I’m looking ahead for your next submit, I?¦ll try to get the cling of it!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler