Perusahaan Elon Musk Bakal Luncurkan Misi Pertama NASA ke Bulan Es Jupiter!

Kampartrapost.com – Siapa yang tak kenal dengan Elon Musk, pemilik perusahaan roket swasta, SpaceX, yang kini menjadi perbincangan diseluruh dunia karena ia berhasil mendapatkan kontrak dari NASA untuk misi pertamanya dalam menjelajah bulen Es milik planet Jupiter.

Ia mendapatkan layanan peluncuran senilai 175 juta dolar atau sekitar Rp2,53 Miliyar.

Misi ini dilakukan oleh NASA dan mempercayakan perusahaan Musk untuk menjalankan misi pertama ke bulan es Jupiter ini bertujuan untuk mengetahui apakah bulan es Jupiter itu cocok digunakan untuk kehidupan manusia atau tidak.

Baca juga: Self Love, Tren Saat ini yang Penuh Dengan Pesan Positif

Dalam sebuah pernyataan NASA mengatakan, bahwa peluncuran misi Eropa Clipper ini tiga tahun mendatang atau pada Oktober 2024. Dengan menggunakan roket Falcon Heavy milik perusahaan Musk, Space Exploration Tech Corp, diharapkan misi ini berhasil dan akan dilakukan di Florida.

Mengutip dari Euronews, dalam beberapa tahun terakhir ini, kontrak tersebut menandai mosi percaya terbaru dari NASA yang dilakukan di Hawthorne, sebuah perusahaan yang berbasis di California. Perusahaan tersebut telah membawa beberapa muatan kargo dan astronot ke stasiun luar angkasa.

Sebelumnya pada bulan April 2021, perusahaan Musk, SpaceX, telah mendapatkan kontrak sebesar 2,9 milliar dolar Amerika atau sekitar Rp41,9 miliyar. Kontrak tersebut diberikan untuk program Artemis yang direncanakan akan membawa beberapa astronot NASA ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972 dalam proyek pembangunan pesawat luar angkasa.

Namun kontrak tersebut telah ditangguhkan sejak munculnya pesaing dari perusahaan antariksa milik Jeff Bezos, Blue Origin, yang beberapa waktu lalu berhasil meluncurkan roket buatannya melintasi luar angkasa dan menjadi wisata luar angkasa pertama yang dibuat diseluruh dunia.

Peluncuran roket ke es bulan Jupiter ini akan menjadi penyelidikan terhadap survei satelit Jovian yang tertutup es. Yang mana satelit itu sedikit lebih kecil dari bulan milik Bumi dan merupakan kandidat utama dalam pencarian kehidupan di luar angkasa di tata surya.

Baca juga: Jawa-Bali Sumbang 25 Ribu Kasus di Hari Terakhir PPKM Level 4

Selain itu tujuan lain dari misi Clipper ini adalah untuk memberikan gambar beresolusi tinggi dari permukaan es bulan Jupiter. Selain itu menentukan komposisinya, mencari tanda geologisnya dan juga untuk mengukur ketebalan es dan kedalaman lautnya, kata NASA.

Berita Direkomendasikan

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler