Sekjen PBB Apresiasi Pidato 2 Menit Anies

INTERNASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – Dua usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disambut dengan sangat baik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Gutteres. Secara spontan, sekjen mengatakan setuju dan akan menindaklanjuti usulan tersebut.

Usulan tersebut terkait apa yang bisa dilakukan oleh PBB untuk membantu dan mendukung program pengurangan emisi karbon dan mengatasi dampak perubahan iklim.

Dikutip dari Voi.id, usulan tersebut disampaikan oleh Anies Baswedan dalam forum virtual bertajuk ‘Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary-General Advancing Carbon Netrality and Resilent Recovery for Cities and Nations’, yang dilaksanakan pada Jum’at malam, 16 April 2021. Dalam acara ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mendapat waktu bicara selama dua menit.

Gubernur Anies memulai pidatonya dengan menekankan kembali peran pemerintah kota dalam menjamin kelestarian lingkungan, sehingga warga mendapatkan tempat yang layak dan aman. Terutama dalam perihal perubahan iklim, salah satu tugas pemerintah kota ialah mengurangi emisi karbon secara signifikan.

Baca juga: Keluarga di Afghanistan Tewas Ditembak Pria Bersenjata Saat Salat Tarawih

”Pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi para warga kotanya. Hal ini termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim dengan melakukan upaya untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota-kota,” kata Anies Baswedan.

Anies menambahkan, ”Kota-kota di seluruh dunia telah melakukannya dengan berkomitmen dan mengalokasikan sumber daya untuk membuat rencana aksi iklim dan melakukan implementasinya dalam strategi transportasi, tata infrasruktur, dan mempromosikan energi bersih dan banyak lagi,”.

Saran pertama yang diberikan oleh Anies adalah penguatan kerangka ‘Nationally Determined Contribution’ (NDC). NDC adalah komitmen nasional terkait penanganan perubahan iklim yang diterapkan pemerintahan suatu negara berdasarkan konteks keadaan, kemampuan, dan prioritas nasional mereka masing-masing.

“Izinkan saya menyebutkan beberapa bantuan yang dibutuhkan kota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). PBB memiliki peran besar dalam membantu kota-kota di dunia. Pertama-tama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian iklim yang dilakukan di tingkat kota dan perlu diperhitungkan sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) aksi iklim,” terang Anies dalam keterangan tertulis Pemprov DKI Jakarta, Sabtu, 17 April 2021.

Saran kedua dari Anies berkaitan dengan peningkatan jangkauan pengaruh PBB.

“Kedua, dalam kapasitas Perserikatan Bangsa-Bangsa, PBB mampu mengulurkan tangan untuk mendorong integrasi vertikal dan horizontal pada tataran aksi dan kebijakan. Terakhir, dalam kerangka COP 26, PBB juga dapat mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh pemerintah pusat dalam forum global untuk dieksekusi di tingkat lokal,” tambahnya.

Baca juga: Ide Perluasan Jalan M. Yamin Mencuat, Bupati Kampar: Pemda fokus dalam melakukan pembangunan

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menegaskan bahwa DKI Jakarta telah berkomitmen dan melakukan berbagai aksi iklim. Jakarta sendiri sudah menargetkan nol emisi pada 2050.

“Jakarta berkomitmen menjadi ‘Climate Resilient City’. Saat ini, Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan berbasis kendaraan roda empat menjadi pembangunan berbasis transit. Jakarta sedang memimpin jalan menuju transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan dan kami ingin melanjutkan lebih jauh,” ujarnya.

Sependapat dengan usulan Anies, António Gutteres juga menilai bahwa PBB sangat memungkinkan untuk melakukan dua hal yang diusulkan, sehingga dukungan ini tidak hanya sekedar wacana, tetapi dapat ditransformasikan ke dalam program-program dari tingkat pusat hingga daerah.

Baca juga: Ini Pidato Lengkap Anies Baswedan yang Dipuji Sekjen PBB

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa kami sepenuhnya siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB di berbagai negara untuk sepenuhnya melakukan advokasi global dengan pemerintah setempat untuk melakukan apa yang Anda sarankan kepada kami,” kata António Gutteres.

Respon spontan dari Sekjen PBB ini juga mendorong David Miller, Mantan Walikota Toronto dan Mantan Ketua Jaringan C40, untuk mengapresiasi saran Gubernur Anies. “Gubernur Baswedan sudah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan jika mendapat empat menit”, pungkasnya.

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler