PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil ‘Plat Merah’

Kampartrapost.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang mudik menggunakan mobil ‘plat merah’ atau mobil dinas.

Hal tersebut disampaikan melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bahwa PNS atau ASN tak boleh menggunakan kendaraan dinas untuk mudik.

Vaksin Lansia

Aturan tersebut terdapat pada Surat Edaran (SE) Menteri PANRB NO. 13/2022 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

BACA JUGA: Selain Tol Pekanbaru-Padang, Riau Akan Bangun Pelabuhan Tol Laut

Pada poin kedua dalam aturan itu membahas tentang Pejabat Kepegawaian (PPK) setiap instansi untuk memastikan seluruh pejabat serta pegawai tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadinya seperti mudik, berlibur, ataupun kepentingan lain di luar kepentingan dinas.

Surat yang ditandatangi Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo itu menegaskan bagi yang melanggar akan mendapatkan sanksi.

“Memberikan hukuman disiplin kepada Pegawai Aparatur Sipil Negeri yang melanggar ketentuan dimaksud.”

Vaksin Lansia

“Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” bunyi dalam surat edaran tersebut.

Sementara, kata Tjahjo bagi ASN yang mekakukan mudik agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Siswa di Riau Bakar Sekolah Karena Ditegur Guru, Begini Kronologinya

“Pegawai ASN agar selalu memperhatikan dan mematuhi kriteria persyaratan dan protokol perjalanan yang ditetapkan satgas penanganan Covid-19.”

Vaksin Lansia

“Serta Kementerian Perhubungan, serta protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, serta penggunaan platform PeduliLindungi,” terangnya.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler