Potong Tali Pusar Sendiri, Mahasiswi Buang Bayi ke Tepi Kali Ciliwung

Kampartrapost.com – Warga dikejutkan dengan penemuan seorang bayi di tepi Kali Ciliwung, wilayah Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur pada Rabu (1/6/2022).

Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan dalam plastik hitam sekitar pukul 02.00 WIB.

Beruntungnya bayi yang dibuang tersebut ditemukan sebelum banjir kiriman datang dan dapat segera diselamatkan.

Nasrul, salah satu saksi mata di lokasi mengatakan penemuan bayi bermula saat pencari ikan sapu-sapu di Kali Ciliwung mendengar suara layaknya seekor kucing.

“Kami lagi pada ngumpul di pos nih, jaga malam kan. Kemudian ada pencari ikan sapu-sapu yang biasa ngejaring di kali itu, dia mendengar suara seperti kucing tapi ragu,” ungkap Nasrul, Rabu (1/6/2022).

BACA JUGA: Ribuan Umat Muslim di Bandung Laksanakan Salat Gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz

Merasa ragu dengan apa yang didengarnya, pencari ikan sapu-sapu tersebut akhirnya memanggil warga untuk menelusuri sumber suara.

Setelah ditelusuri, suara seperti kucing itu ternyata berasal dari seorang bayi perempuan yang berada di dalam plastik hitam.

Bayi perempuan itu pun langsung diperiksa keadannya. Warga menemukan luka di bagian hidung bayi, sehingga ia dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramatjadi untuk mendapatkan penanganan.

Disampaikan sebelumnya bayi tersebut sempat dibawa ke Puskesmas Kecamatan Jatinegara, namun ditolak.

Di sisi lain, Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polres Jakarta Timur Iptu Sri Yatmini menyampaikan pelaku pembuangan bayi itu tak lain adalah ibunya sendiri.

BACA JUGA: Berawal dari Pertemanan Facebook, Seorang Pelajar Dicabuli Pria di Rokan Hilir

Pelaku merupakan mahasiswi dengan ininsial MS (19). Ibu dari bayi yang tinggal di Rusunawa Jatinegara Barat itu awalnya merasakan mulas pada Selasa (31/5/2022), sekitar pukul 23.30 WIB.

Lalu ia bergegas pergi ke kamar mandi, dan akhirnya langsung melahirkan di sana.

Karena panik, pelaku MS memotong sendiri tali pusar yang menghubungkannya dengan bayinya.

“Yang bersangkutan melahirkan di kamar mandi. Kemudian katanya panik setelah melahirkan bayi itu, tali pusarnya dipotong sendiri,” ungkap Sri, dalam konferensi pers, Kamis (2/6/2022).

Usai kejadian mengejutkan tersebut, pelaku membungkus bayi dengan daster dan plastik. Ia membuang anaknya dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Pelaku yang sempat mengalami pendarahan hebat itu hingga saat ini masih dirawat di RSCM. Pihak kepolisian sendiri belum menentukan tersangka dalam kasus ini.

“Pelaku belum berkeluarga. Kasus masih akan kami gali lebih dalam,” tutur Sri.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler