Global Statistics

All countries
649,812,950
Confirmed
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
All countries
624,830,792
Recovered
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
All countries
6,646,108
Deaths
Updated on 4 December 2022 11:16 AM
Minggu, Desember 4, 2022

PPKM, Kasus Covid-19 Turun di 3 Daerah, Luhut: Tren Penurunan Mobilitas dan Aktifitas Tetap Harus Dipertahankan

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah diterapkan di sejumlah wilayah Indonesia belakangan ini membuahkan hasil. Aturan yang bertujuan guna menekan angka penyebaran virus Corona tersebut, menghasilkan penurunan kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

Ketaatan dari seluruh elemen masyarakat pada aturan ini sangat diharapkan, agar angka penularan bisa semakin ditekan. Dan harapannya virus yang mulai muncul di Indonesia sejak Maret tahun lalu ini segera musnah. Peran pemerintah dalam membuat aturan serta membantu rakyat terdampak juga menjadi bagian, dari keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca juga: Korea Selatan Bantu Indonesia Dalam Penanganan Covid-19

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan, telah terjadi penurunan kasus Covid-19 di 3 daerah Indonesia yaitu Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa timur yang cukup pesat.

- Advertisement -

Luhut mengakui bahwa mulai tejadi penurunan kasus sejak puncak penularan telah terlewati sebelumnya.

Ia mengatakan pada Sabtu (24/7) “Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), tren penurunan mobilitas dan aktifitas tetap harus dipertahankan.”

- Advertisement -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu juga mengungkapkan bahwa penurunan mulai tampak saat pemberlakuan PPKM kembali di minggu pertama.

Baca juga: Afghanistan Berlakukan Jam Malam Untuk Antisipasi Serangan dari Taliban

Menteri yang merangkap Koordinator PPKM Jawa-Bali tersebut akan mengusahakan rancangan agar penurunan mobilitas serta aktifitas tetap bertahan, guna berkurangnya kasus.

- Advertisement -

Ia mengimbau kepada seluruh kepala daerah wilayah Jawa-Bali agar tetap memperketat juga mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan.

Luhut mengatakan, “Terkait daerah istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, saya minta buatkan laporan khusus penyebab tingginya angka kematian, berikan juga usulan upaya untuk menurunkan angka kematian tersebut.”

Tidak hanya Pemberlakuan Penjarakan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pasien yang sedang isolasi mandiri serta penanganan juga perlu diperhatikan. Luhut meminta Panglima TNI agar mengkoordinasikan kegiatan pengetesan serta penelusuran kasus pasien yang menjalankan isolasi mandiri di tujuh wilayah aglomerasi se-Jawa Bali.

Baca juga: Eko Yuli, Penggembala Kambing Penyumbang 4 Medali Olimpiade
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait