PT Telkomsel Resmi Luncurkan Jaringan 5G

Redaktur: Lisa Septri

KAMPARTRAPOST.COM – PT Telkomsel resmi menjadi Penyelenggara Telekomunikasi Jaringan 5G pertama di Indonesia. Jaringan tersebut diluncurkan secara terbatas kemarin, Kamis (27/5/2021).

Pasalnya, untuk saat ini jaringan tersebut hanya menjangkau enam daerah di jabodetabek saja yang dapat diakses di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Baca juga: Resmi, Jaringan 5G Hadir di Indonesia dengan Telkomsel Sebagai Operator Pertama

Awalnya, PT Telkomsel ini telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) Layanan 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Jumat (21/05/2021) lalu.

Dimana untuk jaringan 5G ini, Telkomsel menggelar pita dalam rentang pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz, dengan lebar pita 30 MHz dalam rentang 2.300 MHz sampai dengan 2.330 MHz. Agar bisa menikmati jaringan tersebut pastikan ponsel anda konpatibel dalam hal ini.

Jaringan 5G menjanjikan kecepatan internet seluler yang setara dengan Wi-Fi. Dan bagi pengguna jaringan ini tidak perlu menganti kartu. “Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” ujar Setyanto selaku Direktur Utama Telkomsel ketika dikutip dari kompas.com.

Baca juga: Diduga Melakukan Sistem Kerja Paksa di Xinjiang, Kemeja Uniqlo Diboikot Amerika Serikat

Namun hanya smartphone tertentu yang bisa digunakan untuk mengakses jaringan tersebut. Mengutip dari cnn indonesia jaringan ini hanya dapat dinimati pada smartphone 5G diantaranya, Samsung Galaxy S21, Vivo V21 5G, Realme X50 Pro 5G, Oppo Reno 5G, Huawei Mate 40, serta Xiaomi Mi 10.

Sementara itu, Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan akan ikut menyusul untuk dapat menikmati jaringan 5G ini.

Baca juga: Pelajar Pasaman Raih Prestasi Nasional, Bupati Benny Utama Dukung Fatimah Azzahra

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler