Puluhan CJH asal Riau Gagal Berangkat: Imbas Tidak Lakukan Konfirmasi Pelunasan

Kampartrapost.com – Kabar kurang mengenakkan harus diterima oleh 40 orang calon jamaah haji (CJH) asal Riau. Puluhan jamaah itu gagal diberangkatkan ke Tanah Suci lantaran tidak melakukan konfirmasi pelunasan.

Hal tersebut disampaikan Subkordinator Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kementerian Agama Riau, Hari Kurniawan pada Selasa (24/5/2022).

“Hingga batas waktu, sebanyak 40 calon jamaah tidak melakukan konfirmasi pelunasan,” ujar Hari, dikutip dari Riau Aktual.

Untuk mengganti batalnya keberangkatan para calon jamaah haji tersebut, Hari menyebut pihaknya akan menarik nomor urut porsi dari yang terkecil.

Batas konfirmasi pelunasan keberangkatan haji sendiri mulai dibuka pada 9 Mei 2022, dan ditutup pada 20 Mei 2022.

BACA JUGA: BBKSDA Riau Berhasil Translokasi Dua Ekor Gajah Sumatera di Indragiri Hulu

Adapun alasan dari puluhan jamaah yang tidak jadi berangkat untuk melaksanakan rukun Islam kelima tersebut mulai dari kondisi kesehatan, hingga terpisah dari mahram (orang yang memiliki hubungan kekeluargaan) yang sudah lanjut usia.

Untuk kuota kosong calon jamaah yang gagal berangkat, disampaikan Kementerian Agama Riau akan mengirimkan calon jamaah haji cadangan, dengan jumlah kurang lebih 500 orang.

“Cadangan yang tercatat saat ini sekitar 500-an calon jamaah. Mereka dapat mengisi kekosongan jamaah yang batal berangkat tersebut,” lanjut Hari.

Untuk kabar keberangkatan, Hari mengatakan ia dan pihaknya akan segera melakukan publikasi terkait jumlah jamaah yang sudah dipastikan berangkat ke Makkah.

Hal itu berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, sesuai penyusunan kloter serta penyebaran kelompok terbang.

BACA JUGA: Berangkat Haji dengan Sepeda, Tiga Warga Indonesia Tiba di Thailand

Sehingga jika kabar sudah didapatkan dari pusat, informasi keberangkatan dan jumlah jamaah dapat langsung disampaikan pada publik.

 

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler